Rindu Nenek, Napi Manja Kabur dari Lapas

Jumat, 22 Februari 2019 – 11:48 WIB
Ilustrasi penjara. Foto: Pixabay

jpnn.com, SIDOARJO - Hadi Supriyanto nekat. Narapidana (napi) Lapas Kelas II-A Sidoarjo itu kabur dari bui. Saat ini napi kasus pencabulan yang telah tertangkap lagi tersebut dijebloskan ke sel isolasi.

Hadi mendapatkan sanksi. Di ruang dengan luas sekitar 2 x 2 meter itu, dia sendirian. Dia juga tak dapat dikunjungi keluarga.

BACA JUGA: Napi Kabur Ketangkap Setelah 4 Hari Berjalan Kaki, Dor!

BACA JUGA : Napi Kabur Ketangkap Setelah 4 Hari Berjalan Kaki, Dor!

 

BACA JUGA: Pegawai TU Cipinang Bantu Napi Narkoba Kabur Harus Dihukum

Tak hanya disanksi, hak-haknya sebagai warga binaan pun dihilangkan. "Setelah melewati masa satu tahun, baru bisa diajukan lagi remisi dan hak lainnya," jelas Kepala Lapas Kelas II-A Sidoarjo M. Susanni.

Hasil pemeriksaan sementara, Hadi mengaku nekat melarikan diri dengan alasan ingin berjumpa neneknya.

BACA JUGA: Tiga Napi Lapas Banda Aceh yang Kabur Ditangkap di Pidie

BACA JUGA : 1.357 Napi Kabur, Hilang Entah ke Mana

 

Dia tak kuasa menahan rasa ingin bertemu nenek yang selama ini merawatnya. "Katanya neneknya sedang sakit," ucap Susanni. Tapi, pihak lapas masih terus mendalami motif pelarian tersebut sampai sekarang.

Pada Rabu sore (21/2), tahanan pendamping (tamping) lari dari lapas. Napi yang divonis pidana penjara 2,5 tahun itu awalnya membuang sampah seperti biasa.

Setelah membuang sampah, dia meminjam korek api pada temannya. Tapi, ternyata dia lari ke arah utara alun-alun.

BACA JUGA : 6 Napi Kabur Ditangkap Kembali, Begini Pengakuan Mereka

Petugas pun mengejarnya. Termasuk Kasubsi Registrasi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan Rudi Kristiawan. Berbekal alamat di register, Rudi menuju wilayah Gedangan.

Saat berada di depan Masjid Gedangan, Rudi berhenti. Dia curiga saat melihat ada warga yang memakai kaus kuning dan topi. Saat itu orang tersebut mendampingi anak kecil berkaus biru. "Saya ikuti dua orang itu," ucap Rudi.

Rudi pun langsung bertanya kepada anak kecil yang ternyata adik Hadi. Diketahui, Hadi berada di rumah. Rudi pun minta izin masuk rumah.

"Ternyata suara glodak itu dari pintu lemari. Hadi sembunyi di dalamnya," ucap Rudi yang kala itu langsung menangkapnya. Hadi diamankan di Polsek Gedangan sambil menunggu petugas lapas lainnya menjemput. (may/c17/ai/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polri Terbitkan DPO Terhadap Napi yang Kabur di Aceh


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler