Ronaldo "On Form", Portugal Optimis

Senin, 07 Juni 2010 – 11:41 WIB
ON FORM - Kapten sekaligus bintang Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri), bersama rekannya Nani, dalam sesi latihan mereka ketika masih di Massama, dekat Lisbon, Jumat (4/6) lalu. Foto: AFP Photo/Patricia de Melo Moreira/FIFA.com.
CAPE TOWN - Timnas Portugal tiba di Afrika Selatan (Afsel) dengan optimisme membuncahMeski hasil-hasil ujicoba tidak terlalu memuaskan, pasukan Carlos Queiroz itu tetap yakin mereka bisa menunjukkan kualitas sebagai salah satu kandidat juara

BACA JUGA: Abaikan Gaya Demi Juara

Salah satu sumber optimisme tinggi itu adalah kondisi superstar sekaligus kapten Potugal, Cristiano Ronaldo, yang disebutkan sudah siap tempur.

Ronaldo selama ini menjadi bahan kritik publik Portugal
Pasalnya, winger Real Madrid itu selalu tampil prima di level klub, tapi selalu melempem jika sudah berbaju timnas

BACA JUGA: Jelang Mendarat, Pramugari Berkostum Bafana Bafana

Dia bahkan puasa mencetak gol buat Seleccao das Quinas - sebutan Portugal - sejak Februari tahun lalu
Nah, di Afsel nanti, Ronaldo bertekad membuktikan bahwa dirinya masih merupakan aset berharga Portugal.

"Saya sudah pernah meraih berbagai trofi, dan sejauh ini yang paling mengesankan adalah trofi Liga Champions bersama Manchester United," ungkap Ronaldo kepada Daily Express

BACA JUGA: Legenda Argentina Ragukan Maradona

"Saya tidak bisa membayangkan seperti apa rasanya memenangkan Piala Dunia (PD) dengan negara yang saya cintaiPasti luar biasa," lanjutnya.

"Semua orang menganggap perhelatan PD di Afrika ini istimewaPenuh sejarahTentunya, meraih trofi di sini juga lebih istimewa daripada seri-seri PD lainnyaItulah yang saya incar di Afsel," tegas pemain berusia 25 tahun tersebut.

Suara optimistis juga datang dari sang pelatih, QueirozSelama kualifikasi PD dan sesi ujicoba, Queiroz mengaku pernah mengeluh soal perbedaan performa Ronaldo di klub dan timnasTapi, pelatih berusia 57 tahun itu percaya bahwa Pemain Terbaik Dunia 2008 tersebut mampu bersinar di even yang sesungguhnya.

"Cristiano adalah jagoanKalau diibaratkan dengan superhero, dia itu Superman," puji Queiroz, seperti dilansir Daily Star"Mentalitasnya setiap kali mempersiapkan laga penting sangat bagusDia sangat kuat dan percaya diriSaya membutuhkan orang seperti itu untuk memimpin skuad Portugal," imbuhnya.

Menurut Queiroz, dia sudah bekerja dengan Ronaldo sejak masih berusia 18 tahunSaat itu, dia sudah menunjukkan mental juara yang sangat kuat"Dia adalah jenis pemain yang bisa menampilkan performa di atas harapan orangMenyenangkan sekali bisa bekerja dengan pemain yang sangat spesial, yang telah membuktikan dirinya sebagai pemain terbaik di dunia, bahkan jauh sebelum turnamen dimulai," papar eks-pelatih Real Madrid itu.

Ada satu hal lagi yang membuat Portugal menyongsong turnamen dengan percaya diriyakni, beberapa pilar mereka yang cedera mulai pulihSetelah defender Real Madrid Pepe dipastikan bisa terjun di laga pertama melawan Pantai Gading, 15 Juni mendatang, giliran Nani yang mendapat lampu hijau dari tim medis Portugal.

Kondisi winger Manchester United itu sempat bikin waswas, ketika dia mengalami masalah otot dalam sesi latihanNamun, kini dia sudah fit, serta mendapat garansi bisa bermain sejak laga pertamaMeskipun, untuk laga ujicoba melawan Mozambik, Selasa (8/6) besok, peluangnya turun masih fifty-fifty.

"Saya sudah merasa sembuhSaya tidak tahu apakah bakal diturunkan dalam laga ujicobaSesampai di base camp nanti, saya harus menjalani pemeriksaan lagi," pungkasnya.

Portugal tergabung di Grup G yang sangat berat, bersama Brazil, Pantai Gading dan Korea Utara"Kuncinya adalah laga pertamaBaru setelah itu kami bisa mulai memikirkan langkah selanjutnyaYang jelas, tim ini akan melakukan segalanya demi kehormatan Portugal," pungkas Queiroz(na)

Yang Absen dan Meragukan di PD 2010

Absen:
Pemain                      Negara        Cedera
Michael Ballack        Jerman        Engkel
Rio Ferdinand           Inggris         Lutut
Michael Essien        Ghana          Lutut
John Obi Mikel          Nigeria        Lutut
Lassana Diarra        Prancis       Otot perut
David Beckham        Inggris         Tendon achilles
Rene Adler                Jerman        Tulang kering
Simon Rolfes            Jerman        Lutut
Christian Traesch    Jerman        Engkel
Heiko Westerman    Jerman        Patah kaki
Miroslav Karhan        Slovakia      Hamstring

Meragukan:
Pemain                        Negara                Cedera
Didier Drogba             Pantai Gading    Siku kanan
Arjen Robben              Belanda               Hamstring
Andrea Pirlo                 Italia                     Betis
Harry Kewell                Australia              Pangkal paha
Tim Brown                   Selandia Baru    Bahu
Humberto Suazo        Cile                       Hamstring
Lee Dong-guk             Korsel                  Paha
Martin Skrtel                Slovakia               Engkel

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cedera, Robben Ditinggal di Belanda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler