Rumah Mewah Menteri di IKN Jadi Gunjingan, Ini Respons MenPAN-RB

Selasa, 27 Februari 2024 – 10:00 WIB
Pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri yang berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. ANTARA/HO - Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyebut rumah dinas menteri yang dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kaltim, berukuran lebih kecil dibandingkan kediaman yang ada di Jakarta saat ini.

Hal itu disampaikan Azwar Anas saat menjawab pertanyaan soal isu rumah mewah menteri di IKN yang menjadi gunjingan publik.

BACA JUGA: 4 Syarat Kompetensi ASN yang Akan Dipindahkan ke IKN

Progres Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Senin (12/2/2024). Foto: ANTARA/Bayu Saputra

"Justru menurut saya rumah menteri yang sekarang (dibangun di IKN) lebih kecil dibanding rumah menteri yang di Jakarta. Lebih kecil, justru lebih kecil tanahnya, bangunannya juga lebih kecil,” kata Azwar Anas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/2).

BACA JUGA: Viral Santri Asal Banyuwangi Tewas Dianiaya di Kediri, Ini 4 Tersangkanya

Menteri Anas menekankan dirinya tidak berbicara soal mewah atau tidaknya rumah dinas menteri di IKN, tetapi menurutnya ukuran bangunannya lebih kecil.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara mengungkapkan interior dan furnitur rumah tapak jabatan menteri di IKN menggunakan produk dalam negeri.

BACA JUGA: Bawaslu Sebut ada Eks Anggota PPLN di Malaysia Melakukan Pidana, Waduh

"Produk lokal, karena semangatnya betul-betul semaksimal mungkin kalau produk lokal sudah ada, maka kami pakai," ujar Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga di Jakarta, kemarin.

Danis menyebut penggunaan produk lokal di rumah tapak jabatan menteri diimplementasikan hingga untuk ubin lantai dan lampu.

Produk-produk lokal juga digunakan untuk interior dan furnitur Istana Negara serta Kantor Presiden di IKN.

Danis menyampaikan perkembangan pembangunan rumah tapak jabatan menteri sudah mencapai hampir 80 persen.

Kementerian PUPR telah merampungkan pembangunan dua unit rumah tapak jabatan menteri, sebagai rumah contoh (mock up) di IKN, Penajam Paser Utara, Kaltim.(ant/jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MAKI Minta Polri Tegas di Kasus Pemerasan oleh Firli Bahuri


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler