Saksi Kunci Jaringan Gembong Narkoba Tewas di Lapas

Kamis, 05 September 2013 – 13:01 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusis (Menkum HAM) harus menurunkan tim untuk menginvestigasi meninggalnya tiga narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang dalam beberapa hari ini.

Tidak dilaporkannya kematian napi tersebut kepada pihak kepolisian menimbulkan kecurigaan berkaitan dengan penyebab kematiannya.

BACA JUGA: PDIP Tunggu Respon Lawan Politik

Apalagi saat tim Kepolisian Sektor Jatinegara hendak melakukan identifikasi sempat mengalami kendala untuk masuk ke lapas.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi Hukum DPR Aboebakar Alhabsy, Kamis (5/9).  "Untuk keperluan penegakan hukum seharusnya Kemenkum HAM memberikan akses yang cukup kepada Polri agar bisa melakukan penyidikan dengan baik," kata Aboebakar.

BACA JUGA: Beli Rumah, Fathanah Bayar Pakai Dollar

Ia menjelaskan, persoalan ini harus diungkap dengan tuntas dan publik harus diberikan informasi yang benar soal ini. Karena, menurutnya, Jerry Jordan Tuankota merupakan saksi kunci untuk kasus salah satu napi gembong narkoba. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jerry adalah saksi kunci terpidana mati kasus kepemilikan 1,4 juta butir ekstasi Freddy Budiman. Freddy juga disebut-sebut menguasai jaringan peredaran narkoba di lapas.

"Kematian Jerry akan membawa spekulasi adanya upaya untuk mengubur perkara tersebut, dan ini tidak boleh terjadi," pungkasnya. (boy/jpnn)

BACA JUGA: Fathanah Beli Rumah Rp 5,7 Miliar

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Pastikan Capres dari Jawa dan Pengalaman


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler