Satelit Tiongkok Dapatkan Gambar Diduga Bangkai Pesawat

Kamis, 13 Maret 2014 – 07:01 WIB
Foto: Daily Mirror


HARAPAN baru muncul dalam upaya pencarian pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 yang hilang sejak Sabtu (8/3) dini hari lalu. Sebuah citra satelit menunjukkan objek di Laut China Selatan yang kemungkinan sebagai pesawat yang mengangkut 239 penumpang plus kru itu.

Sebuah satelit milik Badan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Pertahanan Nasional Tiongkok telah menangkap titik putih di lautan yang diduga sebagai lokasi jatuhnya pesawat rute Kuala Lumpur-Beijing itu. Titik itu diketahui dari penyisiran gambar hasil rekaman satelit yang menangkap tiga objek mengambang beserta ukurannya.

BACA JUGA: Gajah Marah Luluh oleh Tangis Bayi

Tiga objek itu masing-masing berukuran 13x18 meter, 14x19 meter dan 24x22 meter. Gambar itu tertangkap pada 9 Maret lalu, atau tepat pada hari ketika MH370 dinyatakan hilang kontak.

Namun, pemerintah Tiongkok baru merilis gambar-gambar itu hari ini. Lokasinya sekitar 140 mil dari titik terakhir kali pesawat milik maskapai berkode MAS itu tertangkap di layar radar, atau di arah timur laut Kuala Lumpur.

BACA JUGA: Ribuan Warga Turki Protes Kematian Demonstran

Mantan direktur pelaksana di Badan Keselamatan Transportasi AS (NTSB), Peter Goelz, menduga awalnya Tiongkok enggan membeber citra satelit itu. Menurutnya, bisa jadi Tiongkok khawatir kemampuan satelit yang dimilikinya negeri bakal terungkap.

Tiongkok pun sepertinya akan bersikap hati-hati dengan temuan itu. Pasalnya, awal pekan ini sebuah objek yang sempat diduga bagian dari pesawat, ternyata tidak mengarah pada pesawat Boeing 777-200 yang hilang itu. Karenanya pencarian yang sebelumnya hanya di Laut China Selatan, diperluas hingga Selat Malaka dan Hong Kong.

BACA JUGA: Pengantin Mabuk Ganggu Penerbangan

Sementara gambar yang dihasilkan satelit Tiongkok itu segera direspon oleh pihak tim pencari. Amerika Serikat bahkan segera mengerahkan dua kapal perangnya ke lokasi yang diduga bangkai pesawat itu.(cnn/mirror/smh/ara/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dukun Pencari Pesawat Hilang Bikin Pejabat Berang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler