Saya Masih Waras

Selasa, 05 April 2011 – 01:10 WIB

Di tengah kisruh soal PSSI, muncul nama Kepala Staf Tentara Nasional Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI, George Toisutta yang digadang-gadang sebagai salah satu kandidat Ketua Umum PSSI periode 2011-2015Aspirasi beberapa kalangan masyarakat agar pembina Persatuan Sepakbola Angkatan Darat (PSAD) itu maju sebagai calon ketua umum PSSI pun ditimpali dengan restu dari Panglima TNI Laksanama (TN) Agus Suhartono.

Dengan mengantongi restu atasan, Toisutta pun mendeklarasikan pencalonannya sebagai kandidat ketum PSSI di Mabes TNI-AD, 2 Februari 2011 lalu

BACA JUGA: Menpora Malah Ciptakan Masalah

Puluhan pengurus Pengprov PSSI dan pengurus klub di bawah kepengurusan PSSI hadir dalam deklarasi itu


Mereka yang memberikan dukungan adalah pemegang hak suara yang kecewa dengan kepemimpinan Nurdin Halid

BACA JUGA: Yakinlah, Sepakbola Nasional Pasti Lebih Baik Tanpa Nurdin

Namun langkah mantan Pangdam Siliwangi ini sempat terhalang saat Komite Banding PSSI di bawah kepemimpinan Nurdin Halid, menganulir para calon yang telah mendaftar.

Meski demikian, keinginan mantan Pangkostrad ini untuk memimpin PSSI kian tak terbendung
Para pemegang hak suara yang mengambilalih kongres PSSI di Pekanbaru, 26 November lalu pun membuka pintu bagi Toisutta

BACA JUGA: Gus Dur Saja Disepak Muhaimin, Apalagi Cuma Saya

Dari hari ke hari, dukungan terhadapnya terus bertambah hingga banyak pengamat sepakbola memprediksi dirinya akan menang bila memang kongres pemilihan nanti dilangsungkan.

Hanya saja, kabar miring pun tersebarToisutta disebut-sebut titipan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)Benarkah tudingan itu" Mengapa Toisutta sangat ingin menggantikan Nurdin?

Berikut hasil wawancara wartawan JPNN, Budi Siswanto dengan George Toisutta di sela-sela rapat kerja Komisi I DPR, Senin (4/4)

Isu berembus anda maju untuk kepentingan politik Pak SBYApa benar?

Isu jangan ditanggapi, kalau isu ditanggapi kita capekJadi begini, saya tentara, tidak ada politik praktis di tentara, apalagi berman politikJadi kalau ada isu itu, itu adalah pembohongan dan pembodohan masyarakatJadi tidak ada Presiden manggil, "eh kamu…" Tidak adaNgapain Presiden sampai ngurus sepakbola, sampai ngurus ketuanya, kan ada MenporaItu hanya pendapat orang yang menyudut-nyudutkan dan sebetulnya tidak bagus untuk teman-teman media.

Pernah tidak ketemu langsung Presiden dan bicara soal PSSI?

Saya sering ketemu presidenSetiap hari ketemu presidenPresiden dekat sama saya, setiap saya kerja Pak Presiden mengamati saya kerja karena gambarnya (foto) ada di atas sayaPak Presiden mengamati apakah saya kerja benar.

Anda sendiri merasa memenuhi syarat atau tidak untuk pimpin PSSI?

Menurut kamu gimana? Kalau kamu bilang nggak memenuhi syarat, nggak apa-apaSaya nggak pernah mencalonkan diri tapi dicalonkan oleh teman-teman saya di PSSINggak enak kalau saya mencalonkanSaya belum tahulah (berapa pemilik suara yang mencalonkan), mereka yang urus.

Tapi kalau untuk memimpin kita harus siapApalagi ini tuntutan masyarakat kalau sepakbola harus bagusDan satu hal Presiden pernah berbicara bahwa lima tahun ke depan kita harus menjadi Macan AsiaBukan hanya di sepakbola, tapi di semua cabang olahragaUntuk itu saya sebagai anggota militer menganggapnya perintah.

Makanya karena ada perintah itu kami mengambil langkahMenyelenggarakan sekolah sepakbola bintara untuk AD, dan AD juga melakukan penataran, membangun lapangan untuk sekolah sepakbola untuk umur 12, 14, 17 tahun.

Bagaimana tanggapan anda tentang adanya pendapat bahwa TNI aktif tidak boleh mencalonkan diri?

Aturannya ada (TNI bisa maju)Saya ngajarin anak buah saya taat asasKalau aturan mengatakan tidak boleh tidak boleh, tapi kalau aturannya tak ada atau tidak memperbolehkan kita jangan mundurMari bung rebut kembali.

Berapa pemegang hak suara yang mendukung anda untuk maju?

Saya tidak tahu, Itu urusan teman-teman di PSSIBerapa yang usulkan kemarin saya hitung pakai jari mau buka sepatu ngak bisa ha ha haSaya nggak tahulah jumlahnya, berapa ya? Di sekreatiat PSSI yang tahu.

Strategi apa yang akan dilakukan untuk menang kongres?

Nggak ada strategiItu permintaan teman-teman dan mereka yang nyiapin strategi.

Apa yang akan dilakukan untuk PSSI kalau terpilh sebagai ketua umum?

Kembali kita semua sadari bahwa apa yang dibuat teman-teman PSSI sudah banyakKalau masalah hasilnya belum bagus dan masih ada kelemahan ya diperbaiki kelemahannyaSaya bilang sistem yang harus kita perbaikiKalau sistemnya nggak bagus tinggal kita lihat pelaksana sistemnyaKita bicara sistem dulu, kalau sistemnya sudah rapi baru kita bicara pelaksana sistem

Makanya teman-teman saya yang ada di PSSI saya bilang sama mereka kalau mau kongres jangan dulu milih ketua wakil ketua, excoItu terakhir dilaksanakanPertama yang dibicarakan adalah program, apa yang akan dilaksanakan kalau itu yang kita lakukan ke depan PSSI pasti bagusApalagi didukung oleh media, merdeka!

Tanggapan soal isu TNI terlibat dalam pengerahan demo anti-PSSI?

Ngapain? Kamu lihat asrama tentara banyak yang rusak, bobrok, nggak karu-karuanDaripada uang dikasih orang demo, lebih baik perbaiki asrama tentaraSaya masih waras belum gilaYang terjadi di PSSI adalah akumulasi dari ketidakpuasan terhadap sistem, saya tidak bilang manusia.(sto/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Masih Memburu Keterlibatan Pejabat Lapas Lainnya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler