SBY Dukung Pemilik Ide Gila

Hari Kebangkitan Teknologi Ke-13

Sabtu, 09 Agustus 2008 – 08:54 WIB
JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyemangati para ilmuwan untuk terus mengembangkan inovasiDia berjanji memfasilitasi inovasi teknologi, terutama yang bisa menjawab persoalan energi, pangan, dan lingkungan

BACA JUGA: Terpidana Mati Tersisa 104 Orang


Menurut SBY, pemilik Microsoft Bill Gates pernah menyatakan bahwa yang diperlukan adalah inovasi dan kekuatan imajinasi
’’Melamun, membayangkan, berkhayal, itu konon embrio dari penemuan-penemuan besar

BACA JUGA: Sanksi Sosial Koruptor Dari Pers

Jadi, ide-ide gila harus didukung,’’ tegasnya pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Ke-13 dan Peresmian Pembukaan Ritech Expo 2008 di Istana Negara, Jumat (8/8).
SBY mengajak para ilmuwan untuk menjawab tantangan zaman
Tantangan riil yang dihadapi dunia adalah bertambahnya jumlah penduduk

BACA JUGA: Berkas Ferry Dilimpahkan ke Kejagung

Penduduk bumi saat ini mencapai 6,6 miliar jiwaPada 2030 diramalkan menjadi 8,4 miliar dan pada 2050 menjadi 9,5 miliar jiwa
Di Indonesia, penduduk saat ini 230 juta orangPada 2030 menjadi 289 juta dan pada 2050 menjadi 313 juta jiwa’’Konsekuensinya, konsumsi kebutuhan pangan dan energi akan meningkatPersediaan menipis,’’ ujarnya.   
Kepada masyarakat, SBY juga mengajak untuk selalu berpikir rasionalDia mengaku sempat geli dengan anekdot yang sempat berkembang di masyarakat’’Ada anekdot, SBY datang, gempa bumi muncul,’’ ungkapnya.
Anekdot itu muncul karena sejak dirinya terpilih menjadi presiden, banyak terjadi bencanaMulai tsunami di Aceh, gempa bumi di Jogjakarta, dan sebagainya.
SBY pun bertanya kepada Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro tentang seringnya terjadi gempa bumi di IndonesiaMenurut penjelasan Purnomo, kata SBY, disimpulkan bahwa Indonesia berada di pertemuan lempeng tektonik.
Pertemuan tiga lempeng itu menimbulkan gempa bumi sejak 200 juta tahun silam’’SBY belum ada 200 juta tahun lalu,’’ ujar SBY
Karena itu, pada Hari Kebangkitan Teknologi ini, dia mengajak masyarakat meninggalkan cara berpikir takhayul, apalagi yang menjurus fitnah’’Ciri bangsa yang maju dalam bidang teknologi adalah bernalar sehat dengan meninggalkan segala fitnah dan takhayul,’’ tegasnya.
Sebelumnya, Menristek Kusmayanto Kadiman meluncurkan buku yang berjudul 100 Inovasi Indonesia kepada SBYBuku tersebut merupakan kumpulan 100 inovasi iptek pilihan dari 623 inovasi iptek yang dihasilkan para peneliti Indonesia yang dinilai memiliki prospek untuk dikembangkan menjadi produk industri
Dalam acara kemarin juga digelar video conference dengan para pakar inovasi di Mal Mega Kemayoran, Jakarta; Universitas Sriwijaya, Palembang; serta Universitas Udayana, Bali(tom/iro)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Uji Materiil Terpidana Bom Bali Tak Tunda Eksekusi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler