SBY Tak Tegas, Setgab Bisa Alami Demoralisasi

Rabu, 25 Mei 2011 – 21:44 WIB

JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR, Marwan Jafar, meminta Ketua Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk bisa bersikap tegas terhadap parpol-parpol yang mbalelo terhadap keputusan setgabJika SBY sebagai Ketua Setgab tidak bersikap tegas, maka Setgab akan mengalami demoralisasi.

“Ketua Setgab harus tegas memberikan sanksi atau mengeluarkan langsung jika parpol anggota koalisi masih melakukan pelanggaran

BACA JUGA: Praktek KKN Bukan Hanya Dilakukan Partai Berkuasa

Kalau tidak maka parpol anggota koalisi yang semula patuh akan mengalami demoralisasi,” kata Marwan saat ditemui usai diskusi "Masyarakat Ekonomi Asean 2015" di ruang Fraksi PKB, gedung DPR, Senayan Jakarta, Rabu (25/5).

Menurut Marwan, reward dan punishmnet diperlukan untuk menjaga soliditas koalisi
Dengan demikian, setiap kebijakan pemerintah bisa berjalan dengan baik tanpa ada gangguang di dalam pemerintahan maupun di parlemen.

“Soal reward dan punishment diserahkan kepada SBY

BACA JUGA: AMQ Klaim Dukungan Indonesia Timur

Ini salah satu bentuk ketegasan, kalau tidak tegas itu menjadikan iri anggota koalisi yang lain
Akan terjadi demoralisasi terhadap anggota koalisi yang lain,” imbuh Marwan.

Lebih lanjut Marwan justru menyayangkan sikap sejumlah parpol yang terang-terangan berseberangan dengan kebijakan koalisi, namun tidak merasa bersalah dan tetap berada di dalam koalisi

BACA JUGA: Incar Pemilih Pemula, Golkar Gelar Try Out SNM-PTN

Jika SBY tidak bisa bersikap tegas dengan menjatuhkan sanksi bagi parpol yang membandel, maka parpol anggota Setgab seolah merasa tidak dianggap keberadaannyaDengan demikian keberadaan Setgab menjadi tidak diperlukan.

“Kalau begini caranya tidak usah ada koalisi, bubarkan saja koalisi kalau memang tidak ada reward dan punishment, dan FPKB sendiri mengulangi, pasca ditekennya kontrak baru akan terjadi komunikasi intensif di internal Setgab sehingga segala perbedaan pendapat bisa dijembatani," harapnya(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Petisi 28 Desak Anggota DPR Nakal Disanksi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler