Sebagian Bonus untuk Perbaiki Rumah

Senin, 21 November 2011 – 18:27 WIB
Franklin Ramses Burumi. Foto: Dok.JPNN/JPPhoto

SPRINTER Franklin Ramses Burumi jadi andalan baru cabang olahraga (cabor) atletik IndonesiaBuktinya remaja asal Papua tersebut mampu mempersembahkan tiga emas di SEA Games XXVI Indonesia 2011

BACA JUGA: Banyak Honorer Bagus, Banyak Juga Titipan

Emas pertamanya didapat pria kelahiran 14 Mei 1991 itu dari nomor lari 100 meter, kemudian 200 meter dan terakhir estafet 4x100 meter putra


Gaya Franklin unik

BACA JUGA: Saya Sempat Kalang Kabut

Setiap menjelang berlaga, penampilannya cukup percaya diri
Sama sekali tak ada rona grogi

BACA JUGA: Sebagai Tokoh, Saya tak Boleh Sembunyi

Apa yang memotivasinya sehingga bisa menjadi sang jawara? Berikut petikan wawancara Sumatera Ekpres (grup JPNN) Edi Triono dengan Franklin beberapa waktu lalu. 
 
Bagaimana perasaan Franklin bisa memenangkan tiga kelas?
Jelas saya senang dan bangga bisa memberikan terbaik bagi bangsa dan negaraSaya berharap Indonesia bisa juara umum sekarang dan selama-lamanyaSaya juga ucapkan terimakasih pada semua pihak yang terus memberikan support.
 
Dari tiga nomor tersebut apa yang paling special?
Semua sangat bermakna.  Namun saya patut bersyukur karena saya bisa memberi kontribusi dinomor estafet bersama Fadlin, Farrell, Fernando LumainTentu tidak mudah untuk meraih emas terutama pada nomor estafetLagi pula saya baru berlatih sebulan terakhir.
 
Terus apa kuncinya?
Kuncinya hanya saling percayaSaya bilang sama Fadlin, Farrell dan Fernando untuk percaya dengan saya, karena saya juga percaya dengan ketiganyaBerkat itulah kami bisa menang dinomor estafet.
 
Bagaiman dengan raihan di nomor 100 dan 200 meter?
Sebenarnya jadi beban untuk bisa menggantikan bang Suryo (Suryo Agung, red) kebetulan absen karena jalani ibadah HajiSemua pasti tahu siapa bang Suryo, pemegang rekor SEA Games dan berpredikat sebagai manusia tercepat Asia TenggaraNamun itu juga jadi motivasi buat saya hingga bisa memenangkan semua lomba Ketika berlomba, saya tidak mau dibayangi prestasi lawan, tetapi saya hanya memikirkan kemampuan saya saja.
 
Apa motivasi Franklin?
Tentu dengan latihan keras, ujicoba maksimal dan bimbingan dari pelatih menjadi motivasi baginyaNamun, ada hal yang lebih penting yakni percaya diriSaya yakin bisa meraih medali emas dan mengalahkan lawan-lawan sayaKetika berlomba, saya tidak mau dibayangi prestasi lawan, tetapi saya hanya memikirkan kemampuan saya saja karena kalau memikirkan lawan, nanti hasilnya tidak akan optimal.
 
Lantas apa target kedepan?
Tentu saya ingin seperti bang Suryo mendapatkan peringkat manusia tercepat di Asia Tenggara karena berhasil memecahkan rekor lari 100 meter dengan catatan waktu terbaik sepuluh menit dan detikSaya masih harus banyak berlatih dengan keras agar bisa menjadi lebih baikSaya ingin mengharumkan nama Indonesia tidak hanya di SEA Games tetapi juga di Asian Games dan tingkat dunia di Olimpiade London 2012.
 
Terus mau dikemanakan bonus dari pemerintah jika satu keping emas Rp 200 Juta?
Tentu pertama ditabung untuk masa depan sayaSebagian buat keluarga di Papua juga untuk memperbaiki rumahTetapi, bonus bukan segalanya bagi sayaYang terpenting adalah pengakuan dan perhatian.(mg42)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Sudah Meneror


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler