Sekjen Kemnaker Berharap 35 Pejabat Fungsional jadi Ahli Lebih Baik

Senin, 10 Januari 2022 – 16:35 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi melantik 35 Pejabat Fungsional yang terdiri dari 4 Analis Kepegawaian, 3 Arsiparis, 4 Instruktur, 3 Analis Pengelolaan Keuangan APBN, 8 Analis Kebijakan, 4 Perencana, dan 1 Pengawas di ruang Tridharma, Kemnaker, Jakarta, Senin (10/1)

Anwar Sanusi mengatakan ke-35 PNS yang dilantik memiliki peran sama untuk memberikan keberhasilan atau menentukan kinerja Kemnaker.

BACA JUGA: Kemnaker Bersama DPRD Jateng Membahas Hal Ini

Jabatan-jabatan fungsional yang dilantik itu mulai dari jabatan fungsional analis kebijakan, analis kepagawaian, instruktur, dan arsiparis.

Dia mengatakan semua merupakan jabatan fungsional yang dipentingkan bagi sebuah organisasi.

BACA JUGA: Sekjen Kemnaker: Vaksinasi Covid-19 Berdampak Luar Biasa Bagi Sektor Ketenagakerjaan

"Tak mungkin semua menjadi strukturalis, atau semua menjadi staf. Pola lama sudah kita rubah," kata dia.

Oleh karena itu, dia berharap semua pejabat itu harus menjadi ahli yang lebih baik dan selalu mengembangkan kompetensinya.

BACA JUGA: Sekjen MPR: Demokrasi dan Nomokrasi Harus Berjalan Imbang

Paradigma yang dilakukan Kemnaker saat ini adalah perubahan organisasi yang mengedepankan fungsional dibandingkan struktural sebagai respon atas perubahan lingkungan strategis yang membutuhkan gerak langkah cepat atau agility (kelincahan).

"Kelincahan bisa terjadi manakala pola kerja kita ubah, dari pola pekerjaan yang sifatnya instruktif struktural menjadi koordinatif horizontal," tuturnya.

Pengambilan sumpah dan pelantikan kepada para Pejabat Fungsional memiliki nilai sangat penting terutama nilai bagi eksistensi pembinaan karir bagi pegawai di lingkungan Kemnaker atau PNS di manapun berkarir.

Saat ini, dalam sistem ASN, ada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang dikenal JPT Utama, Madya dan Pratama.

Selanjutnya ada jabatan Administratur, Pengawas dan Jabatan Fungsional, baik Fungsional Ahli maupun Fungional Keterampilan.

"Semuanya memiliki peran penting, Organisasi ibaratnya orkestrasi yang setiap personil memiliki peran masing-masing," kata Anwar Sanusi. (mrk/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sekjen Kemnaker: Mediator Hubungan Industrial Miliki Peran Sangat Penting


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler