Selamat, Bea Cukai Bojonegoro Raih Predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

Kamis, 12 Januari 2023 – 18:12 WIB
Bea Cukai Bojonegoro mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, BOJONEGORO - Bea Cukai Bojonegoro mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).

Kantor ini telah memenuhi sebagian besar dari program pada WBK ditambah dengan program penguatan kualitas pelayanan publik.

BACA JUGA: Ini Penjelasan Bea Cukai Tentang Perjanjian Perdagangan Bebas yang Mulai Diterapkan RI

Tercatat ada 23 unit kerja yang mendapatkan WBK dan 22 unit mendapatkan predikat WBBM.

Kedua predikat tersebut diberikan kepada unit kerja yang berhasil membangun WBK/WBBM yang berbasis integritas di lingkungan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

BACA JUGA: Tangkapan Besar Awal 2023, Bea Cukai Jember Sita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

Kepala Kantor Bea Cukai Bojonegoro, Kusnawi mengatakan pihaknya terus berupaya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya penguatan integritas.

"Integritas telah menjadi identitas seluruh insan Kementerian Keuangan dan Bea Cukai dalam melaksanakan tugas, baik di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kantor," ujarnya.

BACA JUGA: Bea Cukai dan Diskopukmperindag Bahas Kelanjutan Pembangunan KIHT Sumenep

Kusnawi berharap predikat WBBM diraih di penghujung tahun 2022 lalu tidak hanya menjadi slogan dan kebanggaan semata.

"Tetapi benar-benar dijadikan sebagai momentum untuk terus berkomitmen dan menjaga integritas serta profesionalisme secara berkesinambungan," ungkap dia.

Untuk mendapatkan predikat tersebut, unit kerja harus memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Penilaian itu menggunakan parameter dan instrumen sebagaimana Peraturan Menteri Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 10 Tahun 2019.

Penilaian dilakukan secara berjenjang dimulai dari seleksi internal unit kerja yang memenuhi kriteria WBK/WBBM yang bisa direkomendasikan untuk diajukan kepada KemenPAN-RB untuk dilakukan penilaian secara nasional.

Sebelumnya, pada 2022 lalu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mengusulak menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bea Cukai Juanda Bahas Layanan Ekspor Transportasi Multimoda Demi Kelancaran Logistik


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bea Cukai   WBBM   WBK / WBBM   Kemenkeu  

Terpopuler