Seluruh Penghuni Lapas Palopo Sudah di Blok Masing-masing

Minggu, 15 Desember 2013 – 18:38 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin memastikan bahwa saat ini kondisi Lapas Klas IIA Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah berangsur kondusif pasca kerusuhan, Sabtu kemarin. Menurutnya, Kakanwil, Kadivpas, dan beberapa jajaran pejabat Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk merencanakan penanganan lebih lanjut.

"Saat ini petugas lapas beserta polisi dan TNI masih berjaga-jaga di dalam dan di luar kantor Lapas. Hingga saat ini kondisinya sudah kondusif," tutur Amir di kediamannya di Jakarta Selatan, Minggu, (15/12).

BACA JUGA: Menkum HAM Beber Penyebab Rusuh Lapas Palopo

Amir mengungkapkan ia telah mendapat laporan dari Kalapas Palopo Sri Pamudji bahwa senjata dan amunisi milik lapas dalam kondisi aman dan berjumlah lengkap. Sebanyak 22 ruang perkantoran lapas mengalami kerusakan. 

Di antarannya ruang registrasi, ruang poliklinik, ruang komandan jaga, gudang senjata, ruang kunjungan, gudang beras dan ruang kalapas. Sejumlah ruangan yang rusak, kata dia, sudah diperbaiki petugas. Terutama jendela-jendela yang rusak, kini ditutupi seng. Lampu listrik yang awalnya dipadamkan saat peristiwa, sambungnya, sudah dinyalakan kembali oleh PLN.

BACA JUGA: Ini Kronologi Penangkapan Jaksa Subri oleh KPK

"Saat rusuh itu, kekuatan petugas pengamanan berjumlah 6 orang, sedangkan jumlah penghuni 280 orang terdiri dari tahanan 103 orang dan narapidana 173 orang," kata Amir. Amir memastikan seluruh penghuni lapas sudah masuk di blok masing-masing. (flo/jpnn)

BACA JUGA: Jaksa Subri Ditangkap di Senggigi Bersama Perempuan

BACA ARTIKEL LAINNYA... MPR Anggap Pemilih Pemula Tidak Diperhatikan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler