Sempat Tertahan di Korsel, Jenazah TKI Brebes Besok Dipulangkan

Jumat, 11 Agustus 2017 – 15:31 WIB
Agung Purnomo, TKI asal Brebes yang bekerja di Korea Selatan.

jpnn.com, BREBES - Tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Brebes yang meninggal di Korea Selatan, Agung Purnomo akhirnya segera bisa dipulangkan. Jika tak ada aral, jenazah warga RT 1/RW 4 Desa Kemurang Kulon, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes itu akan dipulangkan ke Indonesia, besok (12/8).

Kabar tentang kepastian pemulangan jenazah Agung disampaikan Kepala Desa (Kades) Kemurang Kulon Kastori yang mewakili pihak keluarga almarhum. Menurut Kastori, pihak keluarga Agung sudah memperoleh kabar dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Korsel perihal kepastian pemulangan jenazah.

BACA JUGA: Meninggal di Korsel, TKI Asal Brebes Diduga Tak Terdaftar

Jenawah Agung akan dipulangkan ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. "Kata kedua orang tuanya, jenazah akan dipulangkan Sabtu pagi waktu setempat (di Korsel) menuju Bandara Soetta," tutur Kastori seperti diberitakan laman radartegal.com.

Lebih lanjut Kastori mengatakan, keluarga Agung terus mendapat perkembangan kabar dari KBRI. Sebab, KBRI Korsel memang mengurus pemulangan Agung yang meninggal pada Senin lalu (7/8).

BACA JUGA: TKI asal Brebes Meninggal di Korea, Jenazahnya Tertahan Lantaran Biaya

"Tidak tidak ada masalah. Semua kepengurusan kepulangan jenazah insyaallah berjalan lancar, sebab semuanya telah diurus oleh KBRI," tuturnya.

Meski demikian, lanjut Kastori, pihaknya selaku pemerintah desa akan terus mengawal hingga kepulangan jenazah Agung hingga tanah kelahirnannya. Menurutnya, sudah sepatutnya pemerintah desa memberikan pelayanan dan membantu warganya yang tertimpa musibah.

BACA JUGA: Korut Ngamuk, Ancam Balas Dendam

"Kami akan terus mengawal hingga kepulangan jenazah. Dikhawatirkan ada oknum yang tidak berkepentingan yang memanfaatkan masalah ini," katanya.

Sementara salah seorang teman Agung di Korea Selatan memastikan almarhum bekerja sebagai TKI resmi. Sebab, Agung melengkapi semua persyaratan dan terdaftar di Badan Nasinal Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI).

“Dia diberangkatkan melalui program G to G (antar-pemerintah, red). Jadi, resmi langsung dari BNP2TKI, sekaligus ada asuransi yang didaftarkan sebelum keberangkatan. Jadi, semua resmi melalui jalur pemerintah,” tuling rekan Agung melalui email.(ded/ism/zul/jpg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pak Hanif Dhakiri, Please Jangan Menangani TKI Berdasar Untung dan Rugi


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
TKI   TKI Meninggal   Korsel  

Terpopuler