Senator dari DKI Anggap Pembubaran FPI Bukan Solusi

Selasa, 11 November 2014 – 17:57 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Anggota DPD RI AM Fatwa menyesalkan langkah pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok) yang merekomendasikan pembubaran ormas Front Pembela Islam (FPI). Menurut Fatwa, pembubaran tidak menyelesaikan masalah sebenarnya antara Ahok dan FPI.

"Pembubaran ormas itu butuh proses panjang dan tidak menyelesaikan masalah. FPI demo juga hak mereka untuk menyatakan pendapat," kata Fatwa di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/11).

BACA JUGA: KPK Periksa Menhut Era Megawati

Seperti diketahui, FPI menolak Ahok diangkat sebagai Gubernur DKI Jakarta pengganti Joko Widodo. Pasalnya, ormas Islam itu menilai kebijakan-kebijakan Ahok merugikan umat Islam.

Menurutnya, kedua belah pihak harus duduk bersama membicarakan masalah tersebut. Fatwa menilai, pembicaraan didasari semangat musyawarah jauh lebih produktif dibanding merekomendasikan pembubaran. "Harusnya pendekatan yang baik antara ormas dengan pemerintah, bukan saling mengancam," ujarnya.

BACA JUGA: Lebih 2 Tahun Jadi Tersangka, Mantan Wakorlantas Polri Ditahan KPK

Politikus senior itu juga mengatakan, jika Ahok merasa aksi FPI berlebihan, ia bisa melaporkannya kepada aparat kepolisian. Fatwa yang pernah menjadi Wakil Ketua DPR itu menegaskan, demonstrasi anarkistis merupakan pelanggaran pidana.

"Demo melanggar hukum itu harus ditindak. Demo yang sebelumnya juga sudah dilakukan tindakan hukum. Yang kemarin malah sudah berlangsung damai dan menjaga ketertiban umum," pungkasnya.(dil/jpnn)

BACA JUGA: Surya Paloh Siap Mengkritik Kebijakan Jokowi-JK

BACA ARTIKEL LAINNYA... PPP Sudah Patok Jatah Pimpinan AKD


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler