Serbia v Ghana: Semangat Negeri Mandiri

Minggu, 13 Juni 2010 – 06:39 WIB
INSPIRASI - Para pemain Serbia serius mendengarkan arahan pelatih Radomir Antic (kiri), dalam sesi latihan mereka di Stadion AW Muller, Johannesburg, (Rabu (9/6) lalu. Foto: AFP Photo/Natalia Kolesnikova/FIFA.com.
PRETORIA - Serbia masih memakai bendera Serbia-Montenegro ketika mereka pertama kali tampil di ajang Piala Dunia (PD) empat tahun silamDi turnamen yang saat itu berlangsung di Jerman tersebut, negara pecahan Yugoslavia itu menuai hasil yang mengecewakan

BACA JUGA: Aljazair v Slovenia: Bukan Partai Penggembira

Di mana, pada tiga laga di fase penyisihan grup, mereka menderita tiga kekalahan!

Nah, tahun ini Serbia kembali merasakan atmosfer Piala Dunia
Bedanya, kali ini tak ada lagi nama Montenegro yang menyertai

BACA JUGA: Anak-anak Muda yang Penuh Spirit

Artinya, Serbia datang ke Afrika Selatan dengan status sebagai negara mandiri.

Jika pada 2006 masih ada Mirko Vucinic dan Dragoslav Jevric, sekarang dua nama yang memilih membela Montenegro itu tak ada dalam skuad Serbia
Toh begitu, kekuatan White Eagles - julukan timnas Serbia - tetap solid

BACA JUGA: Ternyata Memang Faktor Kiper

Sebab, di skuad yang ada sekarang masih bercokol sederet pemain top seperti Nemanja Vidic (Manshester United), Branislav Ivanovic (Chelsea), atau  Dejan Stankovic (Inter Milan).

Selama kualifikasi Piala Dunia pun, Serbia membuktikan bahwa mereka tetap menjadi ancaman setelah pisah dengan MontenegroBuktinya, mereka mampu merebut tiket putaran final dengan status juara grupPadahal, selama kualifikasi mereka harus bersaing dengan Prancis, Rumania dan Austria.

Dejan Stankovic yang bertindak sebagai kapten tim mengatakan, dia dan rekan-rekannya yakin bisa membuat kejutan di Afsel, karena saat ini Serbia ditangani pelatih jenius seperti Radomir AnticMenurut Stankovic, skuad White Eagles mengalami perkembangan pesat setelah dipoles AnticPadahal, sebelumnya mereka gagal melaju ke putaran final Euro 2008.

"Antic adalah sumber inspirasiDia menjadi contoh ideal bagi timnas di saat-saat sulitDia luar biasaFederasi membuat keputusan tepat dengan mendaatangkan pelatih yang sangat berpengalaman," papar Stankovic, seperti dilansir situs resmi FIFA.

Sebelum menangani Serbia, Antic sendiri tercatat pernah mengarsiteki Real Zaragoza, Atletico Madrid, Real Madrid, hingga Barcelona"Antic adalah seseorang yang mampu menghadirkan banyak ide," ujar Stankovic lagi.

Menghadapi Ghana yang diperkuat mayoritas pemain muda, pemain belakang Serbia Aleksandar Lukovic mengatakan, timnya akan menerapkan pertahanan yang solid"Anggota tim akan bekerja keras di lini pertahananMeski mungkin kami mengalami hal naif ketika kebobolan tiga gol saat melawan Kamerun (menang 4-3)Tapi, itu kan hanya pertandingan ujicobaSaya sangat yakin kami akan tampil bagus saat melawan Ghana," kata Lukovic.

Sementara itu, kubu Ghana yang kehilangan ruh permainan Michael Essien, tak kalah pedeTim besutan Milovan Rajevac itu yakin bisa mengulang kejutan seperti pada PD 2006Saat itu, Ghana mampu melaju ke babak 16 besar.

Ghana sendiri sangat beruntung ditangani RajevacSebab, dia adalah orang Serbia yang tentu sudah mengenal gaya permainan sepakbola dari negeri leluhurnya"Saat ini, 100 persen saya adalah orang GhanaSaya profesionalTarget utama saya adalah menang melawan Serbia, dan lolos ke babak selanjutnya," cetus Rajevac(ali/bas)

Perkiraan Pemain

Serbia (4-3-1-2): 1-Vladimir Stojkovic (g); 6-Branislav Ivanovic, 5-Nemanja Vidic, 20-Neven Subotic, 3-Aleksander Katarov; 14-Milan Javanovic, 11-Nenaj Milijas, 10-Dejan Stankovic; 17-MIlos Krasic, 15-Nicola Zigic; 9-Marco Pantelic
Pelatih: Radomir Antic

Ghana (4-4-2): 1-Daniel Agyei (g); 18-Lee Addy, 6-Samuel Inkoom, 17-Abdul Rahim Ayew, 15-Isaac Vorsah; 11-Sulley Muntari, 9-Derek Boateng, 21-Kwadwo Asamoah, 23-Kevin Prince Boateng; 20-Dominic Adiyiah, 7-Quincy Owusu Abeyie
Pelatih: Milovan Rajevac

Wasit: Hector Baldassi (Argentina)
Stadion: Versfeld Stadium, Pretoria

Hasil lima laga terakhir:
Serbia
05/06/2010 v Kamerun (home)            4-3
02/06/2010 v Polandia (away)              0-0
29/05/2010 v Selandia Baru (away)    1-0
07/04/2010 v Jepang (away)                0-3
03/03/2010 v Aljazair (away)                 0-3
Ghana
05/06/2010 v Latvia (home)                            1-0
01/06/2010 v Belanda (away)                         4-1
03/03/2010 v Bosnia-Herzegovina (away)   2-1
31/01/2010 v Mesir (home)                             0-1
28/01/2010 v Nigeria (home)                         1-0

BACA ARTIKEL LAINNYA... NBA Cares Kunjungi Sekolah Nyaris Roboh


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler