Server Rusak, UNBK Baru Mulai Jam 2 Siang

Selasa, 10 April 2018 – 06:30 WIB
Siswa SMK melaksanakan UNBK. Foto: Okri Riyana/Radar Cirebon/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan UNBK SMA/MA hari pertama pada umumnya berjalan dengan lancar.

Namun, sesuai prediksi Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) yang sudah disampaikan sebelumnya, gangguan teknis UNBK SMA/MA masih saja terjadi dan diduga makin meningkat.

BACA JUGA: 91 Persen Siswa SMA/MA Ikuti UNBK

Hal ini dikarenakan jumlah penyelenggara UNBK SMA/MA lebih banyak dari UNBK SMK dan dibandingkan dari tahun sebelumnya.

Menurut Sekjen FSGI Heru Purnomo, pihaknya menerima laporan berbagai gangguan teknis tersebut di Bima, Dompu, Lombok, Jepara, Garut dan Jakarta.

BACA JUGA: Biaya UNBK Lebih Besar Dibanding UN Berbasis Kertas

Gangguan teknis sempat dihadapi SMA Global Sevilla di Jakarta, sekitar 30 menit diduga jaringan internet bermasalah.

Tapi berkat usaha terus-menerus yang dilakukan teknisi dan proktor, akhirnya UNBK baru bisa dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dan berjalan lancar.

BACA JUGA: UNBK SMA, 29 Persen Sekolah Pinjam Komputer

Begitu juga di SMAN 1 Jepon, Jepara di awal-awal tes UNBK dimulai sempat terjadi mati listrik, tapi sekolah sudah menyediakan jenset, sehingga gangguan tersebut bisa secara cepat teratasi.

"Untuk wilayah NTB, autopatching telah membuat banyak SMA/MA terkendala, di Kabupaten BIMA baru bisa mulai di atas jam 9," ujar Heru, Senin (9/4).

Sementara itu, UNBK di SMAN 1 Labuhan Badas (Pulau Medang), masalah autopatching sangat lama (sekitar 4 Jam) masih gagal.

Solusinya proktor menggunakan tiket bantuan langsung ke pusat untuk meminta patching manual, baru bisa mulai pukul 11.00 WITA.

Di SMAN 2 Woja, sebelum sempat upload hasil ujian sesi ke-2, solusinya proktor pakai server cadangan walaupun harus unlock dulu melalui provinsi. Baru bisa lanjut lagi sesi ke-2 pukul 15.00 WITA.

Begitu juga di SMAN 1 Lunyuk, server 1 pukul 07.30 WITA, masalah : client logout massal. Solusi: ganti paket internet dari Axis ke XL (3G), pukul 08.00 WITA mulai lancar.

MA Baburrizki mengalami masalah server cheking terus, solusi dilakukan TV helpdesk ke kabupaten, baru bisa mulai pukul 12.00 WITA.

"SMAN 1 Wera, Kabupaten Bima juga terkendala masalah server, solusi unlock helpdesk provinsi, baru mulai pukul 14.00 WITA. Demikian juga SMAN 6 Mataram, masalah switch-hub , baru bisa mulai pukul 09.30 WITA," terangnya.

Di daerah Garut Selatan listrik padam hampir setengah jam ketika berlangung sesi 1 UNBK. Listrik padam sinyal juga hilang.

Dihubungi unit pelayanan gangguan PLN Garut Selatan, ternyata ada penebangan kayu yang menganggu jaringan PLN.

Padahal sebelumnya pihak dinas pendidikan sudah ada rapat koordinasi dengan PLN.

Di SMAN 2 Manggelewa NTB server Bitlocker listrik mati mendadak ups tidak ada, cadangan belum disinkron VHD dan tidak dibackup, solusi harus unlock server - sinkron ulang.

"Masalah teknis juga banyak terjadi karena kesiapapan proktor dan teknisi, seperti di MA Fadlatul Islamiah Kab. Dompu, karena salah prosedur mengakibatkan VHD rusak dan harus unlock SN server, sehingga sesi 1 mundur hingga pukul 09.00 WITA," bebernya.

MA Al-Maarif Sukaraja, Mujur - Praya Timur, Lombok Tengah, kendala server tidak jalan akibat penangan VHD yang salah, dari pagi ditangani sendiri coba-coba oleh proktor.

Setelah sore baru minta bantuan, hasilnya selesai sinkron pukul 18.00 WITA. Akibatnya siswa semua harus ujian susulan mapel hari pertama. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tempuh Perjalanan Laut 9 Jam Agar Bisa Ikut UNBK SMA


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UNBK  

Terpopuler