Setan Merah Masih Klub Terkaya Dunia

Minggu, 12 April 2009 – 07:00 WIB
Foto: AFP
LONDON - Manchester United mengukuhkan statusnya sebagai klub terkaya dunia versi majalah bisnis terkemuka, ForbesDalam daftar tahunan yang dirilis 11 April lalu, United mengungguli klub raksasa asal Spanyol Real Madrid.

Setan Merah -julukan United- berada di urutan teratas dengan pundi-pundi uang mencapai USD 1,87 miliar atau sekitar Rp 23,1 triliun (kurs USD 1 = Rp 11.363)

BACA JUGA: Adu Komentar Jelang Laga 8 Besar

Diikuti Real dengan USD 1,35 miliar atau sekitar Rp 15,4 triliun


Hasil itu berarti berbanding terbalik dengan hasil survei lembaga akuntansi global Deloitte

BACA JUGA: Balapan Terhenti Hujan, Button Juara Lagi

Dua bulan lalu, Deloitte menyatakan bahwa kekayaan Real mengungguli United


''Perbedaan versi sangat mungkin terjadi karena Forbes melakukan penelitian berdasar aset, sedangkan Deloitte lebih pada penghasilan,'' kata Richard Scudamore, chief executive Premier League, seperti dilansir Sky Sports.

Scudamore bisa berbangga karena klub-klub Premier League mendominasi daftar 25 klub terkaya dunia yang dihitung Forbes

BACA JUGA: Ferrari, Williams, Brawn dan Red Bull Bersaing

Empat di antara sembilan klub Inggris yang masuk daftar itu berada di posisi sepuluh besarKenyataan itu makin mengukuhkan status Premier League sebagai liga paling glamor sejagat.

''Hak siar televisi dan kontrak dengan pihak sponsor harus diakui masih menjadi ladang pemasukan bagi klub-klub di Premier League maupun klub besar lainnya di EropaApalagi, durasi kontraknya cukup lama,'' tutur Scudamore.

Daftar sepuluh besar tahun ini tetap dihuni klub yang sama seperti tahun laluSchalke 04 yang berada di peringkat kesepuluh masih lebih tajir daripada Inter Milan atau Manchester City

Perubahan di sepuluh besar tahun ini lebih pada susunan peringkatMisalnya, Bayern Munchen sukses menggusur Liverpool dari peringkat keempatKeduanya dipisahkan selisih USD 100 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun(dns/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 14 Tim Asing Ikuti Tour de Singkarak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler