Siang ini Plt Gubernur Ambil Kepres Sekda Sumut

Kamis, 29 September 2011 – 11:41 WIB

JAKARTA-Keputusan Presiden (Kepres) tentang pengangkatan Sekda Provinsi Sumut definitif, akan diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi kepada Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho, di ruang kerja Mendagri, Kamis (29/8) hari ini.

Hal itu dikemukakan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Reydonnizar Moenek, kepada wartawan, Rabu (28/9) malam“Sudah ada kepastian, rencananya besok (hari ini, Red) siang, akan diserahkan langsung oleh Mendagri ke Plt Gubsu,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Donny ini mengatakan, pada pemberian SK Sekda Provsu kepada Gatot, Mendagri Gamawan Fauzi akan didampingi juga oleh dirinya, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Yuswandi, dan Kepala Biro Kepegawaian Kemendagri, Kiswanto

BACA JUGA: Pencemaran via Facebook, Walikota Diperiksa Polisi

“Beberapa pejabat di Kemendagri juga akan mendampingi Mendagri dalam penyerahan itu,” katanya.

Kenapa Plt Sekjen? Donny menjelaskan, Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni tengah cuti, makanya untuk sementara waktu dijabat oleh Plt Sekjen Kemendagri.

Siapakah nama Sekda Provsu definitif itu? Donny enggan memberikan jawabannya
“Nanti kan tahu juga siapa orangnya,” jawabnya singkat.

Tapi, di acara halal bihalal jajaran Pemprov Sumut dengan anggota DPR dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumut di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (27/9) malam, tanpa sungkan anggota DPD, Rahmatshah, menyebut nama Nurdin.

Awalnya, seperti biasa tatkala mengawali kata sambutan, satu per satu nama tokoh yang hadir disebut

BACA JUGA: NTB Kecipratan Rp87,3 Miliar

Begitu tiba giliran menyebut nama Nurdin Lubis, Rahmatshah mengkaitkan dengan masalah pengisian jabatan sekda.

“Yang terhormat calon sekda, Pak Nurdin Lubis, Insya Allah,” ujar Rahmatshah, yang langsung disambut suara kasak-kusuk para hadirin
Sesaat pria yang menjadi ketua tim pemenangan pasangan SBY-Boediono wilayah Sumut pada pilpres 2009 itu menghentikan pidato sambutannya.

Politisi senior dari PPP, Hasrul Azwar, yang duduk di samping wartawan Sumut Pos, merasa kurang sreg dengan kalimat Rahmat

BACA JUGA: Sajikan Striptis, Fellas Cafe Merasa Dijebak

“Ah, nggak usahlah disebutNggak etis, kan di sini juga ada calon (sekda) lainnya,” gumam Ketua Fraksi PPP DPR itu.

Memang, di acara itu, Plt Gubernur Gatot Pujo Nugroho sebagai inisiator acara, membawa banyak sekali jajaran pejabat Pemprov SumutNurdin Lubis sendiri, masih tampak tenang, tidak bereaksi.

Saat ditanya wartawan Sumut Pos di sela-sela acara, Nurdin terkesan enggan membicarakan masalah jabatan itu“Ah, belum,” ujarnya singkat, diringi senyum kecil yang menjadi ciri khasnya, saat ditanya apa kepres sudah turun.

Sementara, Ketua Komisi II DPR, Chairuman Harahap, menilai keberadaan Sekdaprov Sumut definitif saat ini sudah sangat mendesakAlasannya, gubernurnya saat ini juga masih PltHal ini, lanjutnya, sangat berpengaruh dalam proses pengambilan kebijakan di Pemprov Sumut“Kasihan sekali Sumut,” ujar pimpinan komisi DPR yang membidangi masalah pemerintahan dalam negeri itu.

Namun, politisi Golkar asal Tapsel itu yakin, tidak lama lagi kepres akan keluar“Kita mendesak agar segera ada Sekda definitifDalam beberapa hari ini akan keluar,” ujarnya yakin(ari/sam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Teknisi PLTU Mudik, Gubernur Ancam Lapor Dirut PLN


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler