Siapkan Suvenir Khusus, Murid-murid Rutin Latihan Seni

Kamis, 11 Februari 2010 – 02:04 WIB
PERSIAPAN - Sejumlah murid SDN 01 Menteng saat menjalani latihan tari, Rabu (10/2), sebagai persiapan menjelang kedatangan Presiden AS Barack Obama. Foto: Mustari A Rauf/Radar Tarakan/JPNN.
Pamor Presiden AS Barack Obama bukan saja mengesankan bagi masyarakat Indonesia, namun juga cenderung terasa membanggakan karena keterkaitannya dengan beberapa tempat di negeri ini, terlebih bagi SDN 01 Menteng, Jakarta PusatLantas, terkait rencana kedatangan Presiden AS tersebut awal Maret 2010 depan, apa saja yang disiapkan pihak sekolah di mana Obama pernah menuntut ilmu itu?

Laporan FARID MAHLIYANNOR, Jakarta

SUASANA
tak biasa kentara sekali terasa beberapa waktu belakangan di SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat

BACA JUGA: Dibuka, Murid Mancanegara Langsung Berdatangan

Contohnya saja Rabu (10/2) siang
Suasana ramai dan suara riuh sudah terdengar sejak JPNN memasuki pintu gerbang sekolah yang pernah mencatatkan Barack Hussein Obama sebagai murid itu

BACA JUGA: Bekerja di Studio, Diatur-atur Anak Buah

Sementara, dari ruang tengah komplek SD tersebut, segera terlihat sejumlah murid perempuan yang sedang sibuk mengikuti latihan tari.

Kegiatan latihan itu memang merupakan bagian dari rangkaian rencana menyambut kedatangan orang nomor satu di negeri Paman Sam tersebut
Wakil Kepala SDN 01 Menteng, Akhmad Solikhin, saat ditemui JPNN mengungkapkan, selain latihan tari, pihak sekolahnya juga tengah sibuk menyiapkan kegiatan paduan suara hingga marching band

BACA JUGA: Teriakan Penumpang Menjelang Ajal Terbawa Mimpi

"Benar, kegiatan ini semuanya untuk menyambut kedatangan Barack Obama," ungkap Solikhin.

Sekadar mengingatkan, Barack Obama tercatat pernah bersekolah di SDN 01 Menteng, pada periode tahun 1969 hingga 1971 laluKetika itu, ia disebutkan masih duduk di kelas III dan IV"Kami merasa sangat bangga bercampur senang, (karena) alumni kami bisa menjadi pemimpin dunia," ujar Solikhin pula.

Namun agar tidak salah pengertian, lanjut Solikhin pula menggarisbawahi dari awal, semua kegiatan yang dipersiapkan pihak sekolah ini, bukanlah sengaja diada-adakan begitu saja, dalam arti semata terkait rencana kedatangan Obama"Semua kegiatan ini (juga) merupakan bagian dari pelajaran," tukasnya.

Nantinya, sebut sang Wakil Kepala Sekolah, dalam kunjungan Obama yang sebenarnya diperkirakan bakal singkat saja itu, pihak sekolah misalnya akan menampilkan beragam seni tari yang tergabung dalam Gatot Club Tari BesukiSelain itu katanya, juga akan ditampilkan atraksi marching band dari Gita Suara Besuki, serta paduan suara kelompok Gita Nada Besuki (Besuki adalah nama jalan di mana SDN 01 Menteng berlokasi, Red).

"Yang jelas, semua kegiatan ini tidak mengganggu proses belajar-mengajar di SDN 01 MentengKegiatan ini sudah termasuk pelajaran," jelasnya mengulangi.

Menariknya, meski sudah melakukan serangkaian persiapan acara demi menanti kedatangan Obama, pihak sekolah menurut Solikhin pula, sebenarnya sampai saat ini belum menerima konfirmasi secara pasti dan resmi, kapan tepatnya Presiden AS itu bakal berkunjungMereka mengaku sejauh ini hanya menerima kabar, bahwa Obama akan berkunjung ke Indonesia pada bulan Maret depan.

Kendati demikian, langkah-langkah persiapan yang terkait dengan kunjungan ke SDN 01 Menteng, memang sudah dijalankan secara intensif, setidaknya dalam sepekan terakhirSalah satu bagian awalnya, ditandai dengan kunjungan personil tim pengamanan, termasuk Paspampres dan Secret Service AS, ke sekolah itu pekan lalu.

Walau tak sampai menimbulkan 'kasak-kusuk' yang berlebihan, suasana formal dengan keamanan ketat cukup terasa juga pada momen itu, Kamis (4/2) laluSetidaknya, dengan ditutupnya separuh Jalan Besuki pada siang menjelang tengah hari saat itu.

Sementara lebih jauh, pensterilan lingkungan sekitar lokasi kunjungan, juga setidaknya bakal berimbas pada beberapa pihak lainPara penjual makanan dan minuman di sekitar sekolah misalnya, yang sehari-harinya ramai, bakal tidak diperkenankan berada di sana untuk jangka waktu tertentu.

Kabarnya, paling tidak dalam rentang seminggu, para pedagang itu harus menjalani rencana pemindahan lokasi sementaraLagi-lagi, meski tidak menyatakan keberatan dan siap saja jika harus 'menghilang' dulu dari lokasinya mengais rezeki, sejumlah pedagang yang sempat ditanyai JPNN juga mengaku baru mendengar pembicaraan lisan saja tentang itu, alias belum ada himbauan atau seruan secara resmi (apalagi tertulis).

"Kami belum menerima secara tertulis (soal) pemindahan ituMemang secara lisan, kami sudah mendapat arahan dari pihak kecamatan," kata Kundi, salah seorang pedagang minuman di depan SDN 01 Menteng, Rabu (10/2).

Agenda lengkap resmi Obama ke Indonesia sendiri, sebagaimana ketatnya protokoler kunjungan pemimpin negara asing lain - apalagi AS - selama ini, juga belum ada yang bisa mengetahui secara pastiYang jelas, karena ini adalah kunjungan kenegaraan, pembicaraan hubungan bilateral antara dua pemimpin negara (bersama Presiden SBY) akan menjadi intinya.

Namun salah satu agenda tambahan yang disebutkan juga bakal dijalani Obama, selain ke Jakarta, adalah berkunjung ke daerah lain di JawaDua warisan budaya dan obyek wisata terkenal di pulau ini pun disebut-sebut sebagai tujuannya, yakni Candi Borobudur dan Prambanan.

Sehubungan dengan hal itu, Kapolda DI Yogyakarta Brigjen (Pol) Sunaryono pun mengatakan bahwa seluruh Polda di Pulau Jawa akan berkoordinasi terkait kunjungan tersebut"Usai Rapim, seluruh Kapolda di Jawa akan (menggelar) rapat untuk membahas kedatangan Presiden Barack Obama," ucap Sunaryono pula, di sela-sela Rapat Pimpinan (Rapim) Polri, di PTIK, Jakarta, Rabu (10/2) kemarin.

Sementara itu terkait salah satu bagian persiapan lainnya, pihak SDN 01 Menteng sendiri juga menyambut baik rencana pemindahan patung masa kecil Obama, dari Taman Menteng ke lingkungan sekolah tersebutMeski demikian, Wakil Kepala Sekolah Solikhin, kembali menyebut belum bisa memastikan kapan patung tersebut akan dipindah.

"Pihak sekolah tetap mendukung sepenuhnya keputusan panitia (kunjungan)Namun, kami juga berharap, dengan (adanya) rencana pemindahan itu, tidak perlu ada lagi kontroversi yang bisa mengganggu proses belajar-mengajar sekolah," tandasnya, yang menegaskan bahwa pihaknya lebih memandang keberadaan patung itu sebagai karya seni (bukan unsur pengkultusan tokoh seperti yang menjadi pemicu kontroversi, Red).

Untuk posisi penempatan patung itu sendri, sebut Solikhin pula, sejauh ini belum bisa dipastikan dan masih akan dibahas kemudian"Apakah (bakal) ditaruh di dalam atau di luar, belum bisa dipastikan," ujarnya.

Sementara selain agenda persiapan di atas, pihak SDN 01 Menteng bersama Ikatan Alumni Besuki (Iluski), disebutkan juga berencana membuat Kartu Tanda Anggota (KTA) yang menyatakan bahwa mereka merupakan alumni angkatan dengan Obama"Sebagai rasa hormat, nantinya kita juga akan menyerahkan hadiahTepatnya, suvenir," beber Solikhin, tanpa menyebutkan suvenir apa yang disiapkan(ito)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspadai Jika Bayi Menguning Lebih dari Dua Minggu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler