Sinergi dengan PLN, Pertamina RU II Hemat Biaya Operasional Kilang

Jumat, 22 Februari 2019 – 17:41 WIB
Kantor Pertamina. Foto: dokumen jpnn

jpnn.com, DUMAI - PT Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai bersinergi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) terkait pemanfaatan listrik PLN di lingkungan Pertamina RU II.

Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang telah sebelumnya ditandatangani di Kantor Pusat PLN di Jakarta pada beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Majelis Hakim Tolak Eksepsi, Bu Karen Tetap Diadili

General Manager Pertamina RU II Nandang Kurnaedi menyatakan kerja sama antara Pertamina dan PLN di RU II Dumai tahap pertama ini ditandai dengan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) pada 6 Desember 2018.

Pada tahap awal, PLN memberikan layanan listrik untuk kawasan Bukit Datuk dengan daya 5540 kVA menggunakan tegangan menengah 20 KV.

BACA JUGA: Sidang Banding Edward Soeryadjaya Diminta Berjalan Transparan

Selain menghasilkan penghematan biaya penyediaan listrik, Nandang menyatakan kerjasama ini akan memberikan manfaat tambahan bagi kilang RU II yakni penuruan kebutuhan fuel oil yang sebelumnya digunakan untuk menghasilkan listrik, kini bisa diubah menjadi produk yang lebih bernilai seperti solar.

“Sebagai objek vital nasional yang memasok hingga 20% kebutuhan energi nasional, kerjasma pemanfaatan listrik PLN ini menjadikan RU II Pertamina dapat lebih fokus melaksanakan operasional dan pemeliharaan Kilang,” ungkap Nandang.

BACA JUGA: BBM Satu Harga Hadir di Kalimantan Utara

Dari sisi efisiensi perpindahan pasokan listrik dari Kilang RU II ke PLN memberikan efek signifikan secara penghematan biaya.

Menurutnya dengan penggunaan sumber listrik baru ini, penghematan biaya operasional bisa mencapai 1.6 Milyar per bulannya atau menurun hingga 25 persen.

“Ke depannya, pemanfaatan listrik PLN ini akan kami lakukan pula di area perkantoran sehingga kami mengaharapkan PLN bisa terus mengembangkan jaringan dan kualitas listriknya sehingga pasokan listrik benar-benar handal dan dapat menunjang efisiensi operasional kilang,” tambah Nandang.

Menanggapi hal tersebut, Senior Manager Niaga PLN WRKR Busran La Bintang menegaskan akan memberi pelayanan prima kepada Pertamina sehingga mendukung efektifitas operasional kilang dalam memenuhi kebutuhan energi nasional.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertamina Siap Lakukan Eksplorasi di Timur Indonesia


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Pertamina   PLN   listrik   sinergi BUMN  

Terpopuler