Situation Room Bina Graha, Ruang Rapat Baru Presiden

Bisa Cek Proyek, Menteri dan Kepala Daerah Sulit Bohong

Selasa, 13 Juli 2010 – 08:37 WIB
Suasna Situation Room di Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. FOTO: SOFYAN HENDRA/JAWA POS
GEDUNG Amerika Serikat (AS) memiliki ruang yang cukup terkenal, yakni situation roomRuang rapat khusus presiden itu diadopsi Istana Presiden di Bina Graha

BACA JUGA: KH DR Idham Chalid, 10 Tahun Melawan Stroke

Senin (12/7) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak anggota kabinetnya menjajal fasilitas tersebut.
   
-------------------------------------------
SOFYAN HENDRA, Jakarta
-------------------------------------------
  
   
Ruang seluas sekitar 100 meter persegi itu terasa sesak
Maklum, hampir seluruh anggota kabinet ikut masuk ke ruang tersebut

BACA JUGA: Kibarkan Bendera Oranje, Konvoi Keliling Kota

Padahal, fasilitas itu didesain untuk presiden plus 12 menteri menghelat rapat
Akibatnya, banyak menteri yang duduk di belakang dan tidak mendapatkan meja.

Untuk meja peserta rapat, masing-masing dipasangi monitor 14 inci

BACA JUGA: Jaga Keamanan Negara, Sehari Tangani 1,1 Juta Insiden

Tapi, khusus meja presiden, ada tiga monitorSatu di antaranya berukuran lebih lebar

Bentuk ruang itu oval dengan meja presiden yang lebih tinggi daripada meja lain sebagai sentralDi seberang meja presiden, terdapat tiga layar lebar yang bisa mengoperasikan tiga presentasi berbeda sekaligus.

Di belakang meja para menteri, terdapat enam monitor yang ditanam di dindingBelasan kamera CCTV juga dipasang di ruang tersebutDalam kunjungan itu, Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto bertugas menunjukkan cara penggunaan sistem di situation room Bina Graha tersebut.

Kuntoro lantas mendemonstrasikan sistem monitoring proyek-proyek di daerahUntuk mengecek program bantuan operasional sekolah (BOS), misalnya, pengguna tinggal mengetik nama sekolah yang mendapatkan bantuanContohnya, bila diketik SDN Kraton 3 Bangkalan, sejurus kemudian tercitra foto satelit lokasi SDN Kraton 3 Bangkalan melalui aplikasi Google Map.

Selain citra foto satelit yang real time, ada titik berwarna hijauArtinya, program di sana berjalan baikJika berwarna merah, perkembangan proyek burukKetika titik tersebut diklik, muncul deskripsi program serta foto-foto pendukung yang sebelumnya diunggah secara bertahap (non-real time)

Kuntoro kemudian mencari informasi tentang Madrasah Nurul Falah di BogorDeskripsi evaluasi program juga munculLantas, muncul foto para santri yang duduk di karpet dengan komputer hasil BOS"Itu gambaran yang menggembirakan," papar Kuntoro.

Peserta rapat juga bisa melihat kemajuan proyek pembangunan rel kereta api di Tanah Abang, Jakarta, dengan mudahPerkembangan proyek pemasangan hidran di Nusa Tenggara Timur juga bisa dipantau dengan mudah.

Selain mengecek proyek, aplikasi di situation room bisa menampilkan data-data perkembangan sektor pembangunan di tiap daerahMisalnya, dengan sekali klik, akan mudah diketahui daerah-daerah yang memiliki tingkat pendidikan rendah"Itu akan memudahkan presiden mengambil keputusan," ulas Kuntoro.

Kompilasi data-data yang beragam juga bisa dilakukan di ruang tersebut dengan cepatMisalnya, menganalisis kepadatan penduduk serta tingkat dan sarana kesehatan di seluruh wilayah tanah airDengan peta data tersebut, presiden juga bisa mengetahui daerah yang paling maju dan yang sangat membutuhkan bantuanSemua tercitra dalam titik-titikApabila titik-titik itu diklik, muncul nama daerah serta permasalahan yang dihadapi

Selain mengevaluasi pembangunan, situation room berfungsi menganalisis data-data intelijen dan pertahanan keamananKarena alasan rahasia negara, fungsi tersebut tidak dipamerkan dalam penggunaan situation room kali pertama kemarin.

Presiden SBY yang duduk satu meja dengan Wapres Boediono puas atas presentasi KuntoroMeskipun banyak peserta rapat yang mengantuk hingga tertidur lantaran malam sebelumnya begadang menonton final Piala Dunia 2010, SBY tidak marah seperti biasanya.

SBY mengatakan, dengan sistem monitoring yang baik, pemda tak lagi bisa asal-asalan membuat laporanMenteri dan kepala daerah juga akan sulit berbohong dalam membuat laporan"Saya berharap, karena sudah terlihat semua, bisa meyakinkan jajaran SaudaraSelain itu, tentu kami harus diyakinkan oleh jajaran pemerintah daerah, gubernur, bupati, dan wali kota agar apa yang dilaporkan kepada presiden juga merupakan yang dilaksanakan di lapangan," ucap SBY.

Situation room diharapkan menjadi sarana pengambil keputusan yang cepatJika presiden berada di luar negeri, para menteri bisa rapat di situation room dan berkonferensi jarak jauh dengan presidenDengan data yang cepat saji, presiden bisa segera mengambil keputusan meski tak berada di tanah air.

"Karena itu, tidak perlu jadi isu politik kala presiden mengambil keputusan dalam perjalanan atau berada di luar negeri," terang SBY.
   
Fasilitas di situation room juga diharapkan bisa menyampaikan informasi aktual"Bisa berbentuk summary of media report, intelegence report, serta hasil pengamatan atau surveillance dan pemantauan atau monitoring yang terus-menerus terhadap semua yang dilaksanakan oleh pemerintah sehingga informasi itu up-to-date dan real time," ujar SBY.

Situation room juga diharapkan menjadi embrio penopang sistem National Security Council atau Dewan Keamanan NasionalSBY mencontohkan, dengan mengetahui secara cepat, presiden bisa memutuskan situasi kritis di daerah, seperti Ambalat ataupun Papua
   
Di AS, situation room Gedung Putih memang lebih sering digunakan untuk kepentingan militerRuang tersebut dibangun pada 1961 oleh presiden saat itu, John FKennedy, setelah gagal dalam invasi Bay of Pigs di Kuba gara-gara informasi yang tidak real timeDi West Wing atau markas para staf Gedung Putih, dinding situation room dibuat kedap suara dengan audio dan video yang keamanannya terjaga untuk tidak bisa diakses pihak luar.
   
Situation room di Bina Graha memang belum secanggih ituNamun, SBY berharap UKP4 yang mengoperasikan fasilitas tersebut bisa menjaga data-data yang telah dimasukkan dan tergolong rahasia"Kalau rahasia negara bocor, itu bahaya untuk kita," papar Kuntoro.
   
Situation room sebenarnya sudah digagas pada Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) INamun, ruang itu baru bisa direalisasikan sekarangFasilitas tersebut dibangun dengan biaya Rp 8 miliar, yang diambil dari anggaran UKP4Dengan situation room, Bina Graha yang dulu populer sebagai kantor Presiden Soeharto memiliki banyak fungsiSejak era pemerintahan Megawati Soekarnoputri, Bina Graha difungsikan sebagai gudangSBY lantas memfungsikannya sebagai museum tertutup, sebelum akhirnya dibangun situation room. (*/c11/ari)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Muhammad Ade Wonder Irawan, Pianis Tunanetra Spesialis Jazz


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler