Situs Purbakala 3.000 Tahun Ditemukan

Jumat, 06 Maret 2009 – 15:20 WIB
JAKARTA - Situs purbakala yang diperkirakan berusia 3.000 tahun, ditemukan oleh tim yang dikomandoi Prof Truman Simanjuntak dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenal), Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) RISitus tersebut - termasuk kerangka manusia berukuran dua meter - ditemukan di Goa Harimau, Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.

Tim Arkenal yang terjun langsung ke lokasi tersebut, akan mengangkat kerangka itu sekitar 2010 mendatang

BACA JUGA: Yusuf Sebut Anggota DPR Tukang Goreng

Berikutnya, hasil temuan itu akan diteliti lebih lanjut di Puslit Arkenal, Jl Raya Condet Pejaten No.4, Jakarta, di bawah pimpinan Kepala Puslitbang Arkenal, Tony Djubiantono.

Tim Arkenal yang berjumlah 10 orang, yang menemukan empat kerangka manusia di Goa Harimau tersebut, menyatakan bahwa kerangkanya masih utuh
Selain kerangka manusia yang ditemukan di dekat Goa Putri itu, juga ditemukan lukisan di dinding goa yang selama ini belum pernah ditemukan pada berbagai penelitian goa di seluruh Indonesia.

“Ya, kita sudah temukan kerangka itu

BACA JUGA: Banjir Tak Pengaruhi Produksi Beras

Kami masih mendalaminya,” ujar Truman kepada JPNN, Jumat (6/3).

Penelitian yang dilakukan tim Arkenal tidak langsung berhasil
Dengan kata lain, dibutuhkan waktu dan cara yang tak mudah, hingga penemuan situs purbakala itu diumumkan Kamis (5/3) malam

BACA JUGA: Din: Muhammadiyah Jangan Golput

Penelitian itu sendiri dilakukan secara intensif sepanjang 14-28 Februari 2009.

“Kita butuh waktu yang tak sedikit untuk memaparkannyaTapi respon penemuan ini sangat baik,” ungkap Truman pula(gus/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengganti Caleg Terpilih Tetap Peraih Suara Terbanyak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler