SK PPPK Guru 2022 Terbit Juni, Terima Gaji ke-13, BKN Tolong Percepat Penetapan NIP

Selasa, 09 Mei 2023 – 11:53 WIB
Ketua Badan Khusus Honorer (BKH) PGRI Riau Eko Wibowo mendesak Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk segera menetapkan NIP PPPK. Foto dok. Ekowi for JPNN.com

jpnn.com, RIAU - Ketua Badan Khusus Honorer (BKH) PGRI Riau Eko Wibowo mendesak Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk segera menetapkan NIP PPPK.

Dia menyebutkan pemda sudah siap menerbitkan SK PPPK guru 2022 pada Juni mendatang.

BACA JUGA: Pentolan Guru Lulus PG PPPK Heran, Setiap Minta Audiensi MenPAN-RB Hanya Kirim Utusan

Masalahnya, SK bisa diterbitkan bila NIP PPPK sudah ditetapkan BKN.

"Kami meminta BKN untuk mempercepat penetapan NIP PPPK guru 2022. Pemda sudah siap memberikan SK," kata Ekowi, sapaan akrab wakil ketua PGRI Riau ini kepada JPNN.com, Selasa (9/5).

BACA JUGA: Kinerja 242 PPPK Daerah Ini akan Dievaluasi Tiap Tahun

Dia mencontohkan di Provinsi Riau, pemda siap mengangkat guru honorer yang lulus pascasanggah PPPK. 

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau juga siap mengajukan usulan penetapan NIP PPPK, apalagi pengisian daftar riwayat hidup (DRH) oleh guru honorer sudah tuntas.

BACA JUGA: Gaji PPPK Sudah Disiapkan, tetapi Masih Banyak yang Belum Terima SK

"Kalau pemda sudah siap, sebaiknya pusat juga lebih cepat. Honorer nakes saja sudah terima SK PPPK 2022 bulan ini," ucapnya.

Dia menegaskan penyelesaian masalah guru honorer akan tuntas bila pemerintah pusat dan daerah saling berkolaborasi. 

Selain itu, ada amanat Presiden Joko Widodo agar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas untuk memprioritaskan masalah guru honorer menjadi ASN PPPK.

"Guru honorer yang lulus pascasanggah PPPK guru 2022 sangat berharap menerima SK bulan depan. Sudah hampir delapan bulan proses seleksi PPPK guru 2022 ini berjalan," tuturnya.

Jika SK PPPK diterima Juni, lanjut Ekowi, otomatis mereka akan menerima gaji ke-13. Gaji ke-13 itu bisa untuk biaya anak sekolah di tahun ajaran baru.

Ekowi berharap Pemprov Riau ikut mempercepat proses penetapan NIP PPPK dengan melengkapi semua dokumen administrasnya sesuai ketentuan BKN.

"Kami berharap Bapak Gubernur Riau secepatnya menyerahkan SK PPPK secara langsung. Jangan ada lagi penundaan," kata guru Ekowi yang tengah menyelesaikan pendidikan S2 di Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau ini. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... P1 Batal Penempatan PPPK Guru 2022 & Tanpa Formasi Waswas, Dirjen Nunuk Bilang Begini 


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PPPK   BKN   SK PPPK   Menpan Rb   NIP PPPK  

Terpopuler