Soal Konvensi, Dahlan Iskan Sodorkan Tiga Syarat ke SBY

Kamis, 22 Agustus 2013 – 22:11 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku telah memberanikan diri untuk menyurati Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hal ini terkait ajakan agar Dahlan ikut konvensi penjaringan calon presiden (capres) Partai Demokrat.

"Dalam surat itu, saya menyebutkan tiga syarat yang harus terpenuhi jika saya akan maju. Pertama, saya bilang tidak akan mencalonkan diri jika dukungan yang diberikan oleh masyarakat rendah. Karena sama saja itu namanya gak tahu diri," ujar Dahlan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis (22/8) malam.

BACA JUGA: Yusuf Mansur Yakini Dahlan Iskan Bakal jadi Presiden

Kedua, Dahlan tidak akan mencalonkan jika tidak mendapat restu dari SBY. Ketiga, mantan Dirut PLN itu tidak akan mendaftarkan diri jadi capres jika seorang tokoh yang diseganinya maju.Sebab, apa yang akan dilakukannya bisa sia-sia bila tokoh yang dia segani mencalonkan diri.

"Saya bilang seperti itu pada Pak SBY, pokoknya saya gak akan maju kalau tokoh itu mencalonkan. Menurut saya dia bagus dan lebih muda dibanding saya. Mengenai namanya sudah saya sampaikan ke beliau. Yang jelas saya gak akan bilang siapa orangnya, kalau mau tahu tanya ke Pak SBY saja," terangnya.

BACA JUGA: Korlantas Janji Tingkatkan Layanan untuk Pemudik Lebaran

Namun tanpa disangka, Presiden SBY terus memantau perkembangan rating Dahlan di masyarakat. "Alhamdulillah berdasarkan perkembangan terakhir, rating saya terus naik di sisi lain Presiden SBY menyuruh saya untuk maju," tutur pria 62 tahun ini.

Tanpa disangka, pekan lalu, tokoh yang diseganinya itu justru malah menyuruh Dahlan untuk maju. "Ternyata tiga syarat sudah gugur. Jadi kita lihat tanggal 15 September nanti. Apakah ada nama saya diumumkan oleh Demokrat atau tidak," jelasnya.

BACA JUGA: Marzuki Lega Komite Konvensi Segera Tetapkan Kriteria

Setelah nanti namanya diumumkan, Dahlan baru akan memikirkan langkah dan strategi selanjutnya untuk bertarung di konvensi. "Setelah tanggal 15 kalau nama saya betul-betul tercantum kita bisa melihat peta pencalonannya seperti apa. Jangan buang energi untuk bertarung yang tidak mungkin. Kalau perlu gunakan pistol, pakai pistol kalau cukup pakai senapan ya pakai senapan. Tidak perlu berlebihan," pungkasnya. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dorong TNI Punya Satelit Sendiri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler