Sri Puguh Budi Diminta Segera Mundur dari Jabatannya

Senin, 13 Mei 2019 – 23:33 WIB
Dirjen Pas Sri Puguh Budi Utami (kanan). Foto: Dery Ridwansah/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Massa yang tergabung dalam Garda Muda Palapa (GMP) menggelar aksi demontrasi di depan Gedung Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Jakarta Pusat, Senin (13/5).

Mereka meminta Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami untuk mundur dari jabatannya karena telah melakukan banyak kesalahan.

BACA JUGA: KPK Akan Usut Tas Louis Vuitton Dirjen Pas Pemberian Mantan Kalapas Sukamiskin

Kordinator aksi Rizal Kusnan menilai Sri Puguh tak becus menangani lapas yang ada. Pasalnya, hingga kini kerap muncul masalah dari dalam penjara itu.

 

BACA JUGA: Gerindra Desak Menkumham Segera Copot Dirjen PAS

BACA JUGA: DPR Desak Dirjen PAS Copot Kalapas Klas II A Samarinda

"Karena itu kami mendesak Menteri Hukum dan HAM untuk segera memecat Dirjen PAS dari jabatannya karena lalai dalam mengemban tugas," kata Rizal.

BACA JUGA: Ketua DPR Desak Kemenkumham Usut Pungli di Rutan Jambe

Rizal menjelaskan, gagalnya Sri Puguh karena selama ini masih membiarkan pengendali narkotika menjalankan aksinya di dalam penjara. Semua itu bisa dilakukan dengan ulah sipir yang selama ini membantu.

"Atas hal ini, artinya lapas yang dipimpin Sri Puguh tidak mampu menjawab seluruh tantangan yang ada. Alat komunikasi telepon selular dilarang, tapi masih saja sampai hari ini digunakan napi untuk menyelundupkan narkotika," ujarnya.

Menurut Rizal, yang paling terlihat adalah kasus gratifikasi yang diduga diterima Sri Puguh dengan menerima tas dari mantan Kalapas Sukamiskin. Harusnya dugaan itu menjadi catatan Menkum HAM, namun Rizal menanyakan mengapa Sri Puguh masih menjabat. "Kami menilai dia memberikan upeti bagi siapa saja agar masih bisa menduduki jabatan dirjen PAS," ungkapnya.

Rizal mengaku, aksi ini bukanlah yang pertama dan terakhir dilakukan pihaknya untuk menurunkan posisi dirjen PAS. Pasalnya, dia akan terus mengingatkan ke seluruh instansi hukum bahwa atas kasus-kasus yang dilakukan Sri Puguh selama ini.

"Jika tak ada reaksi dari menteri hingga KPK, kami akan menduduki kantor dirjen PAS. Kami akan berdiam di sini sampai Sri Puguh copot dari jabatannya," teriak dia. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gagal Berantas Narkoba, Kantor Dirjen PAS Digeruduk Massa


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler