Suara Perpanjangan Timwas Tak Bulat

Jumat, 16 Desember 2011 – 17:49 WIB

JAKARTA -- Suara fraksi di DPR soal perpanjangan masa kerja Tim Pengawas Century, tidak bulatAda fraksi yang terang-terangan menolak, menyetujui, dan tidak menolak atau menyetujui melainkan mengembalikan keputusan kepada Pimpinan DPR di Rapat Paripurna, Jumat (16/12).

Misalnya Fraksi Partai Golkar lewat Sekretaris Fraksi Ade Komarudin, menyerahkan keputusan akhir diambil oleh Pimpinan DPR

BACA JUGA: DPR Sahkan RUU Pengadaan Tanah Jadi UU

Begitu juga Fraksi PAN, lewat Teguh Juwarno juga menyerahkan kepada Pimpinan DPR ambil kebijakan dengan mencermati apa yang berkembang di paripurna


"Kita ingin taat dengan azaz yang kita buat sendiri

BACA JUGA: Masa Kerja Timwas Century Diperpanjang

Kami percayakan kepada pimpinan DPR untuk mengambil keputrusan
Kami tidak ingin melanggar kewenangan yang  diberikan oleh tatib," ungkap Teguh.

Begitu juga Fraksi PKB setuju tim pengawas bekerja pada 2012

BACA JUGA: DPD Berharap Amandemen V Lolos dalam Tahun 2012

Namun, FPKB mengembalikan lagi ke pimpinan sesuai tatib pasal 98 ayat 4 dan 5Mereka menganggap perpanjangan tim kewenangan pimpinan DPRFraksi PKB percaya reputasi kredibilitas pimp dewan sesuai keputusan tatib.

Sekretaris Fraksi Mustafa Kamal, menegaskan, setuju dengan perpanjangan masa kerja sampai dengan akhir Desember 2012Timwas juga harus memokuskan pada recovery aset
"Penanganan kasus dugaan korupsi oleh KPK belum memerlihatkan perkembangan berarti dan KPK tetap berpendapat belum bukan tidak ditemukan bukti tindak pidana korupsi, maka Fraksi PKS bisa menerima dan memahami rekomendasi Timwas Century," ujarnya.

Kendati demikian, FPKS tetap mengacu pada tatib nomor 98 pasal 4 dan 5 untuk menyerahkan kepada Pimpinan DPR memutuskannyaFraksi PPP lewat Hazrul Azwar, berpendapat belum ada hasil kerja dari timwas yang cukup signifikan yang bisa menggambarkan DPR telah melakukan fungsi  pengawasan maksimal.

"Fraksi PPP pada prinsip setujui perpanjangan timwasTapi, mekanisme perpanjangan kembali kepada tatib yang kita punyai," katanya.

Tak sama dengan partai lainPDI Perjuangan lewat Hendrawan, menegaskan fraksinya mengusulkan masa kerja timwas paling diperpanjang paling cepat berakhir Desember 2012"Syukur-syukur bisa diperpanjang lagi," katanya.

Sedangkan Fraksi Gerindra menyetujui semua yang disampaikan Timwas Century dalam laporannya dan ingin memerpanjang masa kerja sampai 2012"Bila perlu sampai 2014," tegasnya Widjono mewakili Gerindra.

Akbar Faisal dari Fraksi Partai Hanura menegaskan, timwas sudah bekerja dengan baik"Kami menyetujui perpanjangan masa kerja Timwas Century," katanya.

Sedangkan yang tak setuju perpanjangan masa kerja Timwas Century hanya Fraksi Partai Demokrat.  Akhirnya pun, Pimpinan DPR melalui pimpinan Rapat Paripurna Pramono Anung, menyetujui usulan perpanjangan masa kerja timwas sampai 2012(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 23 Laporan Tidak Bisa Ditindaklanjuti BK DPR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler