Sudah 99 Persen Masyarakat Gorontalo Gunakan QR Code Saat Beli BBM Pertalite

Jumat, 09 Agustus 2024 – 23:24 WIB
Animo penerapan subsidi BBM Jenis Pertalite sangat tinggi, sudah 99 persen masyarakat Gorontalo gunakan QR Code. Foto: PPN.

jpnn.com - GORONTALO - Animo Masyarakat Gorontalo dalam penerapan subsidi tepat bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite sangat tinggi.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja ESDM & Transmigrasi Provinsi Gorontalo Wardoyo Pongoliu sudah 99 persen masyarakat Gorontalo menggunakan QR Code dalam transaksi pembelian Pertalite di SPBU.

BACA JUGA: Pakar Ekonomi Sarankan Pertamina Sesuaikan Harga Pertamax di Pasaran

Hal ini berkat sinergi antar pemerintah provinsi, pemerintah daerah dan Pertamina. Masyarakat diimbau tidak perlu panik dan khawatir dengan penerapan QR Code.

"Sebab tujuan pemerintah dan Pertamina menerapkan sistem tersebut adalah agar penggunaan subsidi apat tepat sasaran, terdeteksi, terukur serta masyarakat lebih bijak dalam menggunakan BBM bersubsidi," ujar Wardoyo saat meninjau implementasi subsidi tepat JBKP Pertalite di salah satu SPBU di Gorontalo yakni SPBU 74.96106 pada Selasa (6/8).

BACA JUGA: Buka Peluang Bisnis di SPBU, Pertamina Patra Niaga Tawarkan Bisnis NFR

Peninjauan dilakukan Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi bersama Dinas Tenaga Kerja ESDM & Transmigrasi Provinsi Gorontalo dan Hiswana Migas Gorontalo.

Kegiatan ini untuk memastikan pelaksanaan pembelian BBM subsidi Pertalite menggunakan QR Code di Provinsi Gorontalo sudah berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Pertachem Gerak Cepat Jual Petrokimia Heavy Aromatic ke Hazira Port

Gorontalo merupakan salah satu provinsi non Jamali (Jawa Madura Bali) yang mulai menerapkan subsidi tepat Pertalite selain enam provinsi lain, yakni Kepri, Maluku, NTT, Maluku Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Dalam kunjungan tersebut Executive General Manager Erwin Dwiyanto menyapa masyarakat yang melakukan pengisian BBM jenis Pertalite di SPBU dan menekankan kepada masyarakat bahwa jumlah kuota Pertalite di Provinsi Gorontalo sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Tidak ada pengurangan volume, program subsidi tepat pertalite sesuai dengan kuota dari pemerintah, dan terima kasih sudah menggunakan QR Code dalam pembelian Pertalite, QR Code ini agar senantiasa dibawa saat melakukan pengisian dan tidak dipindahtangankan," ucapnya.

Erwin menyebut penerapan subsidi tepat Pertalite diberlakukan hanya untuk roda empat tanpa spesifikasi tertentu.

Meski data registran terverifikasi di Gorontalo sudah mencapai 99 persen, Erwin tetap mengimbau masyarakat segera mendaftarkan kendaraannya.

“Di Gorontalo terdapat 28 SPBU, di mana setiap SPBU kami menyediakan help desk untuk pendaftaran langsung di tempat. Selain itu, bisa melalui laman subsiditepat.mypertamina.id," katanya.

Sementara itu secra terpisah Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari mengatakan pendataan bukan pembatasan dan diharapkan dapat membantu pemerintah mengetahui pengguna subsidi BBM.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meminimalisir indikasi kecurangan atau penyalahgunaan BBM subsidi di lapangan.

“Kami mengapresiasi provinsi yang telah melakukan inisiasi percepatan program subsidi tepat dan mendukung pelaksanaannya di lapangan, sehingga tujuan subsidi tepat untuk melindungi masyarakat rentan yang berhak menerima subsidi bisa disalurkan dengan tepat,” katanya.

Informasi mengenai seluruh layanan, produk, dan program-program Pertamina Patra Niaga diakses melalui laman pertaminapatraniaga.com, media sosial @ptpertaminapatraniaga, @pertaminasulawesi, @mypertamina atau dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 untuk informasi lebih lanjut. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertamina Patra Niaga Dukung Penuh PSN Pengolahan Bauksit jadi Alumina


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler