Sudah Tak Canggung Berbaju Adat Jawa

Hatta : Sepertinya Mereka Merencanakan Lebih Dari Dua Anak

Rabu, 23 November 2011 – 05:59 WIB
Hatta Rajasa saat melakukan prosesi Siraman jelang pernikahan Siti Rubi Aliya Rajasa dengan Edi Baskoro. Siti Rubi Aliya Rajasa dan Edi Baskoro akan melangsungkan akad nikah 24 November 2011 di Istana Cipanas. FOTO : FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS

JAKARTA - Cuaca kurang bersahabat bagi keluarga MHatta Rajasa kemarin (22/11)

BACA JUGA: KPK Siap Telusuri Proyek Tender BUMN

Berkali-kali hujan mengguyur kediaman mereka di Fatmawati Golf Mansion, Jalan RS Fatmawati, Jakarta selatan
Untungnya, guyuran hujan tidak mengganggu proses siraman, midodareni, hingga ningkuk atau bepacar Siti Rubi Aliya Rajasa yang akan dipersunting Edhie Baskoro Yudhoyono.

Berbagai proses campuran adat Jawa dan Palembang tadi, merupakan bagian dari rangkaian pernikahan Aliya dan Edhie Baskoro, atau yang akrab disapa Ibas

BACA JUGA: Hatta Sampaikan Empat Wejangan untuk Ibas

Khusus di kediaman Hatta, proses dimulai dengan pembacaan Surah Yasin dan Surah Ar Rahman pada pagi hari
Acara yang dipimpin oleh Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf ini berlangsung khusuk, dan ditutup dengan pembacaan salawat serta doa.

Ahmad Mushofa, satu dari 23 peserta pengajian mengatakan, prosesi meminta restu Allah itu berlangsung cukup khusuk

BACA JUGA: Muhaimin Lanjutkan Moratorium TKI

Dia mengatakan, rombongan pengajian pimpinan Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf datang langsung dari Solo"Kebetulan ibu Hatta rajasa (Okke Hatta Rajasa, Red) juga bagian dari jamaah pengajian kita," tandasnya.

Proses selanjutnya adalah, siramanDalam upacara siraman yang dimulai sekitar pukul 13.00 ini, Hatta mengenakan surjan dipadu dengan batik jogja dengan dominasi warna biru mudaSementara Okke mengenakan kebaya juga dipadu kain batik JogjaSedangkan Aliya tampil anggun dengan rambut dibiarkan teruraiAksesori lain yang dikenakan Aliya adalah, sebuah bando yang tersusun dari puluhan bunga melatiSebelum disiram, Aliya lebih dulu sungkem ke Hatta dan Okke ibunyaTangis haru pecah saat sungkemanBerkali-kali Aliya maupun ibunya, terlihat menyapu air mata dengan selembar tisu.

Sebagai seorang bapak, Hatta menjadi orang pertama yang menyiram AliyaSebelum menyiram Aliya, dia bertugas memasang bleketep, yaitu anyaman janur berukuran sekitar satu meter persegi

Setelah memasang bleketepe, dengan perlahan Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu dengan hati-hati membasuh anak keduanya itu dari ujung kepala hingga ujung kakiDari tayangan televisi yang dipasang di luar tenda utama, Hatta terlihat komat-kamit ketika menyiram putrinya.

Penyiram kedua adalah OkkeSelanjutnya disusul oleh Siti Nurbaya, Ida Abdul Azis, Herawati Boediono, Murniati Widodo A.S, dan diakhiri oleh Yusmin BahusinSebagian air siraman ini, dikirim ke Cikeas, kediaman Susilo Bambang YudhoyonoSelanjutnya, air ini juga digunakan dalam prosesi siraman IbasPengantaran air siraman dari Fatmawati menuju Cikeas ini mendapatkan pengawalan ketatTidak ingin terjebak macet, pengiriman air siraman ini dikawal petugas foreder (voorrijder).

Usai menggelar siraman, Hatta yang masih mengenakan setelah busana adat Jawa itu menemui puluhan wartawan di tenda utamaBapak empat anak ini menuturkan, mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf"Mohon maaf apabila ada yang terganggu karena sempat diguyur hujanTapi sore ini sudah lebih cerah," kata dia.

Dalam keterangannya, Hatta mengaku bahagia menjelang pernikahan AliyaDia berharap, prosesi pernikahan hingga selesainya resepsi yang rencananya digelar 26 November mendatang berjalan lancar.

Dia mengaku kedua calon mempelai merupakan anak-anak yang patuh kepada orangtua masing-masingUntuk itu, dia sangat terharu saat melepas Aliya"Menangis saya tadi menangis haru dan bahagia," ujar menteri kelahiran Palembang 10 Desember 1953 itu

Menurut Hatta, Ibas adalah sosok yang penuh kasih sayang, ramah, dan tanggung jawabHatta juga memuji Ibas karena memiliki visi sebagai calon kepala keluarga"Meski dia sedikit pemalu," tutur Hatta lantas tertawa kecilIntinya dia berharap, Ibas dan Aliya bisa membangun keluarga yang sakinah, mawadah, dan rohmah.

Saat ditanya tentang berapa jumlah cucu yang diinginkan dari pasangan Ibas dan Aliya" Hatta tidak menjawab tegas"Saya serahkan kepada mereka," katanyaNamun, Hatta mengaku sempat mendengar jika Ibas dan Aliya mendambakan jumlah anak lebih dari dua"Tapi saya serahkan kembali ke Allah," kata dia.

Sebagai pria yang lahir di Palembang, Hatta mengaku tidak canggung harus mengenakan busana adat JawaSebab, saat menggelar pernikahan anak pertamanya beberapa waktu lalu, Hatta juga sempat mengenakan busana adat JawaTapi dia mengatakan, saat dilangsungkan proses ijab-qabul besok (24 November), Hatta mengaku keluarganya dan keluarga SBY akan mengenakan pakaian adat PalembangPakaian adat Jawa baru dikenakan kembali ketika pelaksanaan resepsi dua hari kemudian(wan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Rahasiakan Identitas Bupati di Sumut yang Ditarget


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler