Sumsel Terapkan PPDB Sistem Online dan Manual

Rabu, 27 Juni 2018 – 12:22 WIB
Suasana penerimaan peserta didik baru. Foto ilustrasi: jambiekspres/jpg

jpnn.com, PALEMBANG - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel, Drs Widodo MPd menjelaskan, proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK akan berlangsung sejak 25-29 Juni.

“Ada dua sistem pendaftaran. Bagi sekolah yang telah memiliki web dianjurkan pendaftaran via online, tapi yang belum memiliki fasilitas bisa manual,” jelasnya.

BACA JUGA: Legalisir Akta Kelahiran jadi Syarat PPDB Bikin Repot Ortu

Tapi ke depan pihaknya akan mendorong semua sekolah bisa menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer, begitupula pelaksanaan PPDB secara online bagi sekolah yang belum melaksanakan.

Calon siswa peserta PPDB yakni lulusan tahun ajaran 2017/2018 dan usia tidak lebih dari 21 tahun pada 16 Juli 2018 dibuktikan dengan fotokopi kartu keluarga (KK) atau akte kelahiran.

BACA JUGA: Server PPDB Alami Gangguan, Calon Siswa Sulit Daftar Online

Dikatakan, jalur tes ada dua yakni Penelusuran Minat Prestasi Akademik (PMPA) dan tes potensi akademik (TPA).

Khusus jalur TPA atau tes tertulis dengan materi soal pilihan ganda dilaksnakan 30 Juni di sekolah yang dituju. Materi tes meliputi pelajaran SMP/MTS dengan materi pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, dan IPA (Fisika dan Biologi).

BACA JUGA: Antisipasi Jual Beli Bangku, Ombudsman Kepri Pantau PPDB

“Peserta didik yang dinyatakan lulus seleksi masuk berdasarkan penggabungan nilai raport semester 1-5, nilai TPA dan UN, ”terangnya.

Penilaian berbeda, khusus SMPN UNBK, bobot nilai rapor 15 persen, nilai test 60 persen, dan UN 25 persen. Sedangkan SMPN UNBK, bobot nilai rapor 20 persen, nilai tes 50 persen, dan nilai UN 30 persen.

“Peserta didik yang dinyatakan lulus wajib registrasi ulang atau daftar ulang. Bagi yang tidak daftar ulang batas waktu tertentu dinyatakan mengundurkan diri,” sambungnya.

Kepala Kementrian Agama Provinsi Sumsel diwakili, Kabid Pendidikan Agama Islam (Pendis) H Khusrin mengatakan, PPDB di lingkungan Madrasah sendiri sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Total Madrasah dari jenjang RA, MI, MTs hingga MA sebanyak 1.725 Madrasah.

“Hanya sekitar 5 persen yang negeri se-Sumsel,” katanya. (nni/cj17/fad/ce1)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sekolah Tetap Buka Penerimaan Peserta Didik Baru saat Libur


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler