Taksi Plat Hitam Menjamur di Batam

Rabu, 21 September 2011 – 00:42 WIB

BATAM - Meski berkali-kali dirazia, mobil berplat hitam yang digunakan untuk menarik penumpang atau taksi hitam tetap menjamurTaksi-taksi itu biasanya mengangkut penumpang di pinggiran kota.

Anto, 32, seorang supir Angkot jurusan Bengkong-Muka Kuning mengeluh karena setiap harinya pendapatannya menurun

BACA JUGA: Anak Tak Lulus Tes, Bapak Teken SK Diangkat PNS

Ia mengaku gerah dengan banyaknya taksi plat hitam yang mangkal di Muka Kuning yang berimbas langsung terhadap menurunnya pendapatannya.

" Sekarang itu sudah susah pak cari penumpang
Kebanyakan pekerja sekarang sudah naik sepeda motor, belum lagi taksi plat hitam yang mangkal di sana

BACA JUGA: Diare Mewabah, Rumah Sakit Kewalahan

Pendapatan jauh menurun pak," katanya kepada Batam Pos (JPNN Group), Selasa (20/9).

Anto juga protes karena merasa dirinya dan sopir lainnya yang beroperasi sesuai dengan ketentuan hukum tidak mempunyai kelebihan dibanding sopir yang tidak ada ijinnya untuk beroperasi
" Kita mengurus izin operasi, termasuk plat kuning dan trayek harus keluarkan uang, ini mereka suka-sukanya beroperasi tanpa ada tindakan pihak dari pihak berwajib," tambahnya.

Dari pantauan Batam Pos,  di daerah seputar Muka Kuning banyak mobil sedan ber plat hitam yang mangkal untuk cari penumpang

BACA JUGA: PLN Pusat Dorong Proses Hukum, DPP PD Sarankan Damai

Tidak merasa takut, para sopirnya dengan terang-terangan langsung menawarkan jasa angkutannya kepada pekerja atau orang yang melintas dari depannya.

Yang paling aneh, seakan kebal hukum sejumlah taksi plat hitam ini dengan gagahnya berbaris mengantri tidak jauh dari pos polisi Muka KuningBahkan sebagian dari sopirnya sudah ada yang kenal dengan aparat kepolisian yang bertugas di pos Polisi tersebut.

Bukan hanya di Muka Kuning, taksi dengan Plat Hitam juga banyak yang mangkal di sekitar pelabuhan domestik Telaga PunggurPara sopir ini berdalih hendak menunggu saudara atau keluarga mereka yang hendak datang ke BatamTaksi Plat hitam ini memang tidak masuk ke Pelabuhan tetapi mereka akan menunggu penumpang di pinggir jalan raya punggur di luar pelabuhan.

Menanggapi masalah ini  Kasatreskrim Polresta Barelang Kompol Melda Yani mengaku akan menindak tegas taksi plat hitam yang mangkal dan beroperasi di Muka Kuning dan di wilayah lainnya" Dalam waktu dekat, Pihak kepolisian akan menindak tegasSegera kita akan lakukan razia, bukan hanya di Muka Kuning, di daerah lain yang sering jadi tempat mangkal taksi plat hitam juga akan dirazia," katanya.

Kompol Melda Yani menghimbau kepada warga atau calon penumpang untuk tidak menggunakan jasa taksi plat hitam yang dianggapnya sangat beresiko" Janganlah mau naik taksi plat hitam, Selain tidak ada asuransi jiwanya, Tarif ongkosnya kan tidak jelas," tambahnya.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rem Rusak, Lion Air Dua Kali Gagal Terbang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler