Tanda-tanda Terlalu Stres, Hingga Menganggu Tidur Nyenyak

Jumat, 05 Januari 2018 – 14:41 WIB
Tidur. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - Anda mungkin menyadari bahwa stres bisa menggangu kualitas tidur, hanya saja terkadang tidak tahu persis bagaimana atau mengapa itu terjadi.

Perasaan stres meningkatkan gairah fisiologis dan psikologis Anda dengan cara yang tidak sesuai dengan keadaan yang harus dilakukan tubuh dan pikiran untuk tidur santai dan restoratif.

BACA JUGA: Cara Sederhana Tingkatkan Kualitas Tidur

Jadi jika Anda tidak bisa bersantai setelah melewati hari yang sulit, maka tidur berkualitas pasti sulit untuk didapatkan. Atau cenderung mengalami masalah tidur.

Jadi bagaimana bisa tahu apakah Anda terlalu stres untuk mendapatkan tidur nyenyak?

BACA JUGA: Cari Tahu Apa yang Harus Anda Pakai Saat Tidur

Tubuh dan pikiran cenderung memberi Anda beberapa petunjuk. Inilah petunjuknya, seperti dilansir laman Sleep Foundation, Kamis (4/1).

1. Anda tidak bisa mematikan pikiran sibuk.

BACA JUGA: Bangun Pagi Bisa Membantu Turunkan Berat Badan?

Sebagai gantinya, Anda terus-menerus merasa stres, khawatir dan frustrasi dan Anda merenungkannya dari berbagai sudut.

Ini hampir seperti apa yang mereka mainkan di loop terus menerus, sehingga Anda tidak bisa mematikannya yang mengganggu kemampuan untuk tidur nyenyak.

2. Otot Anda sangat tegang.

Jika Anda mengalami ketegangan otot atau nyeri yang berhubungan dengan stres seperti sakit leher, bahu atau sakit kepala, maka Anda tidak akan bisa tidur atau tertidur.

3. Jantung Anda berdegup kencang.

Rasio denyut jantung yang berdetak adalah gejala stres yang umum dan hal ini terkait dengan peningkatan kadar kortisol (hormon stres), ketegangan fisik yang lebih besar dan peningkatan efek gairah otonom yang tidak kondusif untuk tertidur atau tidur nyenyak.

Sebaliknya, ini adalah pengaturan untuk gangguan tidur.

Untungnya, jika Anda meluangkan waktu melakukan latihan relaksasi seperti relaksasi otot progresif atau latihan pernapasan dalam sebelum tidur, maka Anda akan bisa membantu tubuh dan pikiran mengatasi stres yang dialami.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Hal Ini Perlu Dilakukan Demi Kualitas Tidur Anda


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
kualitas tidur   Stres   Tidur  

Terpopuler