Tanggul Situ Ciledug Terancam Jebol

Pendangkalan Lantaran Banyak Keramba Ikan

Sabtu, 27 November 2010 – 20:22 WIB
TANGSEL - Tanggul Situ Ciledug yang berlokasi di Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel mengalami keretakan sepanjang 10 meterItu terjadi lantaran tidak tahan menampung debit air yang terus meningkat setelah daerah itu beberapa hari belakangan terus diguyur hujan lebat

BACA JUGA: 53 PJTKI Kota Bekasi Diawasi

Kondisi ini membuat aktivis lingkungan khawatir akan terjadi bencana tragedi jebolnya Situ Gintung.

Sekretaris OKP Gugusan Alam Nalar Ekosistem Pemuda (Ganespa) Kota Tangsel, Dodi Harianto mengatakan, keretakan terjadi pada tanggul yang menjadi pembatas dengan jalan raya pada sisi sebelah utara situ
"Keretakan bisa bertambah parah karena tanggul bersinggungan langsung dengan jalan

BACA JUGA: UMP DKI Naik 15,38 Persen

Apalagi, tingginya jumlah kendaraan setiap detiknya melintas," kata Dodi, di Sekretariat Ganespa, Kecamatan Pamulang, Kamis (25/11) lalu.

Dikatakan Dodi juga, kerusakan situ tersebut sudah dilaporkan kepada Dinas Bina Marga dan Pengairan, Kota Tangsel agar segera diperbaiki
Bahkan, pihaknya juga sudah meminta dukungan DPRD Kota Tangsel agar Pemkot Tangsel segera menindaklanjuti karena akan berakibat fatal bila didiamkan

BACA JUGA: Paripurna HUT Tangsel Kacau

"Semakin khawatir bila kendaraan berat yang melintasKarena, tanggul sudah tidak kuat dengan getaranBelum lagi ada pendangkalan situ dan tidak ada penahan tanggul," terangnya.

Sebelumnya, pihaknya juga sudah melaporkan kerusakan Situ Ciledug yang disebabkan oleh kepentingan warga sekitar dan pemilik usaha yang ada di sepanjang pinggir situ tersebutKerusakan tersebut meliputi keberadaan jaring dan keramba ikan yang berakibat pada sendimentasi dan pendangkalanKerusakan lainnya adalah pendangkalan situ yang berdampak pada kurangnya daya tampung air sebagai fungsi pengendali banjir.

Diterangkan, pengerukan situ yang dilakukan warga dengan maksud untuk memperluas lahan perkarangan mereka yang jaraknya berdekatanBangunan permanen pada daerah bantaran dan garis sempadan situ yang telah dilanggar pihak swasta, sehingga merusak tatanan situ sendiri.

"Pembuangan sampah yang dilakukan warga sekitar situ dan pencemaran air situ, akibat pembuangan limbah cair oleh pengusaha di bantaran situSaat ini, surat mengenai kerusakan Situ Ciledug sudah berada di meja Sekda Tangsel dan menunggu realisasi perbaikan," ucapnya.

Sedangkan, Kepala Bidang Pengiaran Dinas Bina Marga dan Pengairan, Djudianto menuturkan kalau penanganan dan perbaikan terkendala dengan danaSelain itu, untuk perbaikan harus berkoordinasi dengan pusat.

"Pemkot Tangsel hanya sebagai pengawas sajaSedangkan yang berhak memperbaiki situ adalah pemerintah pusatKarena situ ini tanggungjawab pemerintah pusat," jelasnya(mg07/man/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Miras Rp 100 Miliar di BSD Disita Bea Cukai


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler