Tekan Urbanisasi, Kesenjangan Desa-Kota Dikurangi

Kamis, 16 September 2010 – 17:17 WIB

JAKARTA — Pemerintah mengakui bahwa urbanisasi penduduk menuju kota-kota besar di Indonesia terus terjadi bahkan dalam jumlah jutaanPenyebabnya, karena masih adanya kesenjangan perekonomian antara masyarakat di desa dengan masyarakat di kota.
 
"Ya kita akui itu, tapi sebenarnya trend sudah menunjukkan penurunan

BACA JUGA: SDM Terbatas, Panti Sosial Minim Kualitas

Kita sedang seriusi berbagai program agar kesenjangan itu bisa diminimalisir
Kita ingin membuat gula-gula baru tidak hanya di wilayah Jabodetabek saja," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa di Jakarta, kamis (16/9).
 
Menurutnya, salah satu yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi kesenjangan desa-kota adalah dengan meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan

BACA JUGA: Menkeu Setuju Pansus OJK Studi Banding ke LN

Dengan demikian, warga pedesaan yang hanya memiliki kemampuan terbatas tidak perlu lagi berbondong-bondong bekerja di kota besar.

"Kita sudah mulai dengan mendisain ulang perekonomian masyarakat kita
Sudah ada porsinya untuk melakukan perlindungan sosial guna mengurangi masyarakat kita yang tertinggal

BACA JUGA: Kemensos Minta Tambahan Dana PKH Rp 300 Miliar

Ini memang tidak mudah tapi akan terus kita lakukan," tegas Hatta.
 
Menteir yang juga Ketua Umum Partai Amanat NAsional (PAN) itu pun mengungkapkan, selama ini kebijakan pemerintah dalam mengurangi kesenjangan ekonomi dengan mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat sudah tepatDicontohkan Hatta, paparan dari Dekan Harvard University, David T Ellwood dihadapan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II mengenai cara mengatasi kemiskinan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ideal, sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia.
 
"Bahkan sebetulnya apa yang dia sampaikan itu, sudah kita jalankan dengan baikDia tidak setuju BLT dalam jangka waktu panjang dan kita memang tidak setuju jugaArtinya suatu waktu BLT memang tidak untuk memanjakan masyarakat kita," kata Hatta.
 
Bahkan, kata Hatta, dirinya sempat mengkritisi paparan yang disampaikan oleh David T Ellwood yang membawakan presentasi ilmiah berjudul "Creating Jobs, Reducing Poverty and Improving the Welfare of the People: Acting in Time on Hard Problems".
 
"Dia mengatakan untuk mengurangi kemiskinan harus merata dan saya kritisi bahwa itu sudah kita lakukan namun tidak menunjukkan pertumbuhan yang signifikanAkhirnya kita buat program baru, biar pun lamban namun lebih merata secara lebih riil lagiIni usaha kita mengurangi kesenjangan masyarakat," ujar Hatta.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabupaten Antisipasi Peristiwa Ciketing


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler