Ternyata Memiliki Teman Dekat Sangat Baik untuk Jantung, Ini Faktanya

Selasa, 02 April 2019 – 15:26 WIB
Penyakit jantung. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com, JAKARTA - Dengan begitu banyak penekanan pada hubungan romantis atau menjadi orang tua, kadang-kadang kita lupa tentang betapa pentingnya persahabatan itu sebenarnya.

Bagi banyak orang, teman adalah keluarga pilihan Anda, dan jaringan pendukung utama Anda.

BACA JUGA: Mengapa Wanita Hidup Lebih Lama Daripada Pria?

BACA JUGA: Mengapa Wanita Hidup Lebih Lama Daripada Pria?

Sekarang, berkat penelitian baru dari Women's Health Initiative, kita tahu bahwa bagi wanita khususnya, memiliki sahabat baik untuk jantung mereka - secara harfiah.

BACA JUGA: Berikut 6 Manfaat Garam Epsom

Secara khusus, penelitian ini, yang diterbitkan dalam jurnal Menopause, menemukan bahwa untuk wanita pascamenopause, pertemanan yang kuat dan dukungan sosial bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Selama 11 tahun masa tindak lanjut dengan peserta, para peneliti menemukan bahwa untuk wanita yang tidak memiliki penyakit kardiovaskular pada awal proyek, dukungan sosial yang terkait dengan risiko kematian terkait jantung sedikit lebih rendah.

BACA JUGA: Hoaks Didesain Menggabungkan Kecanggihan Teknologi Informasi dan Psikologi

Para peneliti tidak melihat korelasi yang sama di antara wanita yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Mereka yang berada di belakang penelitian ini mencatat bahwa hubungan ini sederhana, tetapi signifikan.

Para peneliti berhipotesis bahwa hasil ini menunjukkan bahwa pertemanan dan dukungan sosial bermanfaat dalam mempromosikan penghilang stres atau membantu melindungi peristiwa kehidupan yang penuh tekanan.

Menurut American Heart Association, stres bisa memengaruhi perilaku dan faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, sehingga apa pun yang bisa membantu mengurangi stres dalam hal ini, persahabatan dan dukungan bisa bermanfaat.

"Studi ini menemukan hubungan kecil tapi signifikan antara persepsi dukungan sosial dan mortalitas pada wanita tanpa penyakit kardiovaskular sebelumnya," kata Dr Joann Pinkerton, direktur eksekutif North American Menopause Society., seperti dilansir laman Sheknows, Minggu (31/3).

Jika dukungan psikologis atau sosial bisa membantu mencegah penyakit jantung pada wanita, maka kita perlu penelitian lebih lanjut untuk menentukan dukungan apa yang paling membantu.

Tentu saja, klarifikasi dan investigasi lebih lanjut tentang topik ini diperlukan. Tetapi cukup aman untuk mengatakan bahwa memiliki teman dan jaringan pendukung jelas merupakan suatu keharusan. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Makanan ini Harus Dihindari Agar Perut tak Kembung


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler