Tiga Mbok Jamu Setia Menanti Jokowi

Kamis, 22 Mei 2014 – 17:59 WIB
Satu dari tiga Mbok Jamu setia menanti Joko Widodo. Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--Di antara puluhan awak media massa yang menunggu pemeriksaan kesehatan Jokowi dan Jusuf Kalla di RSPAD Gatot Subroto, Kamis (22/5), ada tiga tukang jamu yang juga tengah duduk sambil melihat sekeliling.

Tiga tukang jamu itu datang bukan tanpa sebab. Mereka datang atas permintaan calon presiden dan cawapres dari PDI Perjuangan itu.

BACA JUGA: Kejagung Belum Agendakan Panggil Jokowi

Dua tukang jamu tampak sibuk memberikan jamunya kepada wartawan dan petugas. Sementara satu orang tukang jamu dengan tulisan 'warung Solo' di bakulnya tampak berdiri di depan pintu masuk instalasi Medical Check Up. Ia didampingi dua orang ajudan Jokowi-JK.

Salah satu dari penjual jamu gendong, Tugiarti mengatakan, mereka bertiga sengaja dijemput untuk memenuhi kebutuhan Jokowi.

BACA JUGA: Jokowi Siap Diperiksa di Kasus Transjakarta

"Yang masuk ibu yang satu tadikan, kita bertiga. Kita ketemunya di rumah Makan Solo, Cibenda, Jeruk Purut. Lalu dijemput oleh Mas Rio katanya orangnya Jokowi," tutur Tugiarti.

Tugiarti yang sudah berjualan jamu selama 26 tahun itu mengaku biasanya berjualan di Jeruk Purut dan Cipete. Awalnya dia tengah berjualan lalu diminta untuk menyediakan jamu untuk Jokowi.

BACA JUGA: Bantah Jokowi Terlibat Mark Up Pengadaan Transjakarta

Karena jamu yang dibawanya habis, maka dia harus pulang terlebih dahulu untuk mengambil persediaan.

Sedangkan dua tukang jamu gendong lainnya biasa berjualan di kawasan Pasar Minggu dan Mayestik. Namun, Tugiarti tidak mengklaim tidak mengenal keduanya.

Adapun jamu yang dipesan khusus oleh Jokowi adalah jamu Temulawak. Tugiarti berkisah ini bukan kali pertama melayani pesanan Jokowi melainkan sudah tiga kali. Sebab pertama bertemu di Pasar Inpers dan kedua di Jeruk Purut.

"Pertemuan pertama di pasar inpers dan kedua di jeruk purut. Waktu itu Jokowi naik mobil terus berhenti aja minum jamu," kata Tugiarti.

Jokowi memang terkenal suka minum jamu temulawak. Itu adalah kebiasaannya sejak dulu. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Merapat ke Kubu Prabowo, Mahfud Siap Terima Risiko


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler