Tiga Nama Ini Dianggap Layak jadi KaBIN

Selasa, 11 November 2014 – 18:51 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI Mahfuz Sidik ikut mengamati langkah Presiden Joko Widodo dalam menentukan figur untuk memimpin Badan Intelijen Negara (BIN). Menurut Mahfuz, ada tiga nama yang layak untuk menggantikan Marciano Norman sebagai Kepala BIN (KaBIN).

"Kalau saya menilai ada tiga orang yang punya kualifikasi yang memadai, Sjafrie Sjamsoeddin, TB Hasanuddin, dan As'ad Said Ali. Mereka sama-sama bagus," kata Mahfuz di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/11).

BACA JUGA: Soal Ahok, Cak Imin Sarankan FPI Realistis

Mahfuz menambahkan, pihaknya tengah menunggu nama calon KaBIN yang akan diajukan Presiden Jokowi ke DPR. Sebab, lanjut politikus PKS itu, DPR memiliki kewenangan menguji calon KaBIN yang dipercaya Presiden.

Mahfuz juga mengatakan, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan Presiden Jokowi dalam menentukan pilihannya untuk memilih figur sebagai KaBIN. Di antaranya calon yang dipilih harus mampu mengembangkan orientasi kerja-kerja intelijen yang sifatnya keluar bukan ke dalam.

BACA JUGA: Gunakan HMI untuk Peras Ketua DPR, Dua Pemuda Digelandang Polisi

Selain itu, calon KaBIN harus orang yang mampu mengembangkan intelijen ekonomi dan cyber intelligence yang menjadi tantangan Indonesia saat ini. Sebab, lanjut Mahfuz, saat ini ada tarik-menarik kepentingan militer dan ekonomi sehingga penting bagi calon KaBIN menguasai sektor pertahanan.

Nah, dari ketiga nama di atas menurut Mahfuz memenuhi kualifikasi, tinggal dipilih lagi yang akan didukung oleh DPR. "Tiga-tiganya cukup bagus, tinggal siapa dari ketiga itu mendapat dukungan dari DPR," tandasnya.

BACA JUGA: Senator dari DKI Anggap Pembubaran FPI Bukan Solusi

Dari tiga nama itu, dua berasal dari militer, yakni Sjafrie Sjamsoeddin dan TB Hasanuddin. Sjafrie sebelumnya merupakan wakil menteri pertahanan, sedangkan TB Hasanuddin merupakan mantan sekretaris militer kepresidenan.

Sedangkan satu-satunya nama yang berlatar sipil adalah As’ad Ali. Sebelumnya, pengurus di PBNU itu pernah menjadi Wakil Kepala BIN.(fat/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Periksa Menhut Era Megawati


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler