Tim Inggris Jadi Korban Penyadapan

Kamis, 11 Maret 2010 – 01:43 WIB
Foto: Getty Images.
LONDON - Hotel The Grove di Hertfordshire, sebelah utara London, terancam tidak lagi dipercaya sebagai markas timnas InggrisGara-garanya, Three Lions menjadi korban penyadapan saat menginap di hotel berbintang lima itu, jelang uji coba lawan Mesir di Stadion Wembley, Rabu (3/3) lalu.

Pelaku diam-diam merekam rapat khusus antara Fabio Capello dan para pemain pada Minggu (28/2)

BACA JUGA: Masih Simpan Mimpi Pimpin Final PD

Si pelaku yang masih dilacak identitasnya itu lantas menjual isi rekaman pembicaraan kepada media
Harian showbiz populer Inggris, Daily Star, beruntung mendapatkan rekaman tersebut.

Tapi, Daily Star belum mempublikasikannya bahkan bisa jadi tidak akan kesampaian

BACA JUGA: Ajang Pembuktian bagi Walcott

Itu setelah FA meminta Daily Star untuk tidak mengeskpose rekaman rahasia itu ke ruang publik
"Kami berupaya mendapatkan salinan rekaman

BACA JUGA: Dua Ujicoba Batal, Ganti Format Kompetisi

Rekaman asli masih ada pada si pelaku," kata juru bicara FA, sebagaimana dilansir Daily Telegraph.

FA benar-benar kebakaran jenggot atas kasus penyadapan ituBuktinya, FA menyiapkan pengacara apabila isi rekaman sampai diketahui khalayak luas, khususnya di luar InggrisFA siap menempuh jalur hukum bagi media yang nekat mempublikasikannyaDasar hukumnya berupa Undang-Undang Perlindungan Data serta pelanggaran Press Complaints Commission.

"Persiapan sebuah tim meliputi kebijaksanaan dan kerahasiaanCapello mungkin membahas hal-hal penting dalam tim, lalu ada orang tidak dikenal mengetahuinyaJadi, wajar apabila ada kekhawatiran," terang pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson sebagaimana dikutip BBC.

Di sisi lain, kasus penyadapan Inggris itu juga memiliki dampak positifTak lain yakni bahwa FA bakal lebih meningkatkan pengamanan Three Lions di Piala Dunia 2010 Afrika SelatanFA tidak hanya akan mengandalkan pengamanan yang disediakan panitia lokal.

Di Afsel nanti, Three Lions memilih markas di Royal Bafokeng Sports Campus dekat Rustenburg"Akses ke penginapan timnas makin dipersempitPetugas keamanan akan berjaga 24 jam nonstopBegitu pula monitor pengawas, disiagakan di setiap lantai, termasuk sensor lantai," demikian pernyataan FA kepada Sky Sports.

Tak ketinggalan pemeriksaan rutin dengan metal detector saat rombongan Inggris berangkat dan pulang pada hari H pertandingan, maupun di sesi latihanInggris yang memburu trofi Piala Dunia kedua setelah 1966 itu, bakal memulai laga pertama Piala Dunia mendatang melawan Amerika Serikat (pada 12 Juni).

"Saya berharap persiapan kami ke Piala Dunia tidak lagi diusik masalah-masalah yang sangat mengejutkan," kata Capello pula, sebagaimana dilansir di situs resmi FA.

Three Lions telah diganggu sejumlah problem jelang berlaga di Piala DuniaSelain cedera sejumlah pemain pilar macam Ashley Cole dan Wes Brown, juga ada konflik pribadi antara John Terry dengan Wayne BridgeItu dipicu terbongkarnya skandal perselingkuhan Terry dengan mantan pacar Bridge semasa masih membela Chelsea, Vannesa Perroncel.

Gara-gara perselingkuhan itu, Capello mencopot ban kapten timnas TerrySedangkan Bridge yang kini membela Manchester City itu, ogah bergabung di timnas karena bakal satu tim dengan TerryBridge bahkan menolak berjabat tangan dengan Terry sebelum laga City versus Chelsea, di ajang Premier League, 27 Februari lalu(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Politisi Desak Pemecatan Domenech


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler