TKI Muda Meninggal di Hongkong

Senin, 27 Agustus 2018 – 15:28 WIB
Ilustrasi TKI. Foto: JPNN

jpnn.com, BANYUWANGI - Tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Banyuwangi, Dian Elisa, 26, asal Desa Sukorejo meninggal di Hongkong, negara tempatnya bekerja, karena sakit.

Jenazah Dian yang meninggal pada Senin (20/8) tiba di rumah orang tuanya di Dusun Lampon, Desa/Kecamatan Pesanggaran, sekitar pukul 02.00, Minggu (26/8).

BACA JUGA: Bamsoet Minta Pemerintah Genjot Proteksi TKI di Luar Negeri

"Setelah proses administrasi selesai, jenazah dipulangkan," terang Khrisna Adi, 40, ketua Keluarga Migran Indonesia Cabang Banyuwangi.

Menurut Khrisna, sebelumnya korban divonis gejala struk ringan oleh dokter. Korban sempat mengeluh sakit pada kepala bagian belakang dan menjalani perawatan di rumah sakit setempat sejak 12 Agustus 2018.

BACA JUGA: KBRI: TKI Terlibat Perampokan Ditembak Mati

"Sempat koma delapan hari dan meninggal pada 20 Agustus 2018," terangnya.

Dian, lanjut dia, bekerja di Hongkong selama tiga tahun. Sebenarnya, masa kontrak korban itu sudah habis.

BACA JUGA: TKI Meninggal di Korea Selatan

Tapi tidak mau pulang dan memperpanjang kontrak untuk tiga tahun ke depan. "Dari keterangan dokter, korban menderita gejala struk ringan sejak awal Agustus," ujarnya.

Jenazah korban diterbangkan melalui pesawat Chatay Pasific dan mendarat dengan mulus di Bandara Juanda Surabaya.

Kemudian, peti jenazah korban langsung diantar dengan menggunakan ambulans dari Unit Pelayanan, Penempatan, dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (UP3TKI) Surabaya dengan didampingi petugas dari Disnaker Banyuwangi dan Pos Pelayanan, Penempatan, dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Banyuwangi.

"Semua proses pemulangan jenazah berjalan lancar tanpa kendala. Kami berharap keluaga yang ditinggal tabah dan sabar," ungkapnya.

Kedatangan jenazah korban disambut tangis oleh keluarganya. Korban meninggalkan seorang suami dan satu anak perempuan yang masih berumur 8 tahun.

"Pihak perusahaan maupun majikan yang berada di Hongkong sudah memberikan kompensasi kepada pihak keluarga dan menyatakan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya," ungkapnya. (kri/abi/c25/end/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sempat Tertahan di Korsel, Jenazah TKI Brebes Besok Dipulangkan


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler