Truk BBM Amankan Mudik

Senin, 30 Agustus 2010 – 12:52 WIB
JAKARTA - Pemerintah terus mematangkan persiapan mengamankan arus mudik lebaranBukan hanya mengamankan angkutan, Pemerintah juga berkoordinasi untuk mengamankan stok pasokan BBM

BACA JUGA: Pejabat BUMN Belum Lapor Kekayaan

Direncanakan, tahun ini Pemerintah akan menambaha armada truk pengangkut BBM di beberapa titik rawan.

"Truk-truk pengisi tangki BBM akan standby di sepanjang jalur mudik yang diprediksi terjadi lonjakan pengisian
Ini menjadi protap kita mengamankan arus mudik

BACA JUGA: Saksi Hapal Nomor Cek, Kuasa Hukum Curiga

Saya tidak merinci jumlahnya, yang penting saya minta Pertamina memastikannya cukup," jelas Menko perekonomian, Hatta Radjasa pada wartawan, Senin (30/8) usai memimpin rapat koordinasi di kantornya, Jakarta.

Angkutan lebaran kata Hatta, sudah diprediksi mengalami kenaikan di seluruh sektor angkutan
Baik darat, laut dan udara

BACA JUGA: Warga Sabah Tak Terprovokasi

Khusus untuk angkutan darat, belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, akan terjadi kemacetan panjang pada beberapa SPBU yang berada di jalur mudik.

"Karena itu kita minta Pertamina back up dengan SPBU-SPBU yang bergerakJadi kalau habis,bisa langsung diamankanTidak hanya itu, di daerah-daerah lain juga dilakukan pengamanan yang samaBahkan sampai angkutan laut bilamana terjadi gangguan karena cuaca," ungkap Hatta.

Di tempat yang sama, Menteri ESDM Darwin Saleh juga memastikan bahwa pasokan BBM menghadapi lebaran dipastikan amanLonjakan permintaan menjelang lebaran dan pasca lebaran saat arus balik, katanya sudah menjadi kerja rutin pemerintah setiap tahun.

"Pertamina saya yakin lebih memahaminya dan memang pada hari H itu bisa terjadi lonjakan sampai 80 persenItu semua sudah ada data historisnyaYang jelas kita sekarang sudah mempersiapkan kantong-kantong distribusi sehingga kalau bisa kelangkaan akibat lambannya distribusi bisa diminimalisir," kata Darwin.

Sementara itu, Dirut Pertamina Karen Agustiawan mengatakan bahwa Pertamina telah menyiapkan kantong-kantong distribusi BBM yang diprediksi mengalami peningkatan permintaan"Sudah ada persiapannya dan sudah ada kantong-kantongnyaBBM-nya juga sudah disiapkanBanyak sih jumlah kantong-kantonya, nanti ada dalam buku panduan Dirjen MigasAlokasinya di mana, kapan dan jumlahnya berapa, itu semua sudah ada," kata Karen(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspadai Gratifikasi Jelang Idul Fitri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler