Ujian Terakhir bagi Matador

Selasa, 08 Juni 2010 – 05:19 WIB
UJIAN - Xabi Alonso (tengah) bersama rekan-rekannya di timnas Spanyol, berikut pelatih Vicente del Bosque, tertawa riang dalam pembicaraan di sela salah satu sesi latihan mereka, jelang laga uji coba lawan Polandia. Foto: Jasper Juinen/Getty Images/FIFA.com.

MURCIA - Sebagai salah satu unggulan juara, penampilan Spanyol dalam beberapa uji coba terakhir kurang meyakinkanMemang, rekor tak terkalahkan yang sudah diukir sejak Juni tahun lalu belum ternoda, tapi tetap saja penampilan David Villa dkk kala melawan Arab Saudi dan Korsel pekan lalu sedikit mengkhawatirkan

BACA JUGA: Ujicoba Nigeria v Korut Rusuh

Karena itu, pelatih Vicente del Bosque merancang satu uji coba lagi, yakni melawan Polandia dini hari nanti.

Uji coba yang bakal dihelat di Nueva Condomina, Murcia itu, cukup tricky
Di satu sisi, Spanyol ingin memetik kemenangan demi mempertebal kepercayaan diri sebelum bertolak ke Afrika Selatan (Afsel)

BACA JUGA: Ronaldo On Form, Portugal Optimis

Jika bisa menang besar, itu bakal menutup kekecewaan dua uji coba sebelumnya, ketika mereka hanya mampu menang tipis 3-2 atas Arab Saudi (29/5) dan 1-0 atas Kosel (3/6)
Namun di sisi lain, kekhawatiran akan terpaan cedera juga memaksa La Furia Roja - sebutan Spanyol - untuk tampil super hati-hati.

"Tujuan pemusatan latihan ini, selain untuk menemukan ritme permainan dan mengasah taktik, juga untuk menghindari cedera," kata Juan Mata, winger Spanyol, seperti dilansir Reuters

BACA JUGA: Abaikan Gaya Demi Juara

"Sudah banyak pemain pilar yang tidak bisa berangkat ke PD akibat cedera, dan saya harap itu tidak akan pernah terjadi pada kami," lanjut pencetak gol tunggal ke gawang Korsel pekan lalu tersebut.

Spanyol pantas khawatirSebab, jauh sebelum PD saja, mereka sudah terancam kehilangan dua pilar di sektor depan, yakni striker Fernando Torres dan gelandang serang Cesc FabregasKetika keduanya sedang dalam proses menuju kesembuhan, giliran bek tengah Gerard Pique yang bikin waswasDia mengalami benturan di lutut kanannya dalam sesi latihan Minggu, meski cederanya tidak parah.

"Ya, fakta yang terjadi sangat mengkhawatirkan," timpal defender Joan Capdevilla"Kami sudah di ambang pintu, dan kami harus menjaga kondisiKami pasti akan melakukan berbagai tindakan pencegahan, karena tujuan utamanya adalah menjalani laga PD dalam bentuk terbaik," imbuh pemain Villarreal itu.

Sayangnya, Del Bosque tidak bisa sepenuhnya menurunkan pemain lapis kedua saat melawan Polandia nantiSebab, komposisi tim utama plus strategi dan taktik yang disiapkan untuk PD belum matang betulSehingga, kemungkinan Del Bosque menurunkan formasi inti sejak menit pertama, tetap terbuka lebar.

Uji coba ini juga diharapkan menjadi pertandingan pertama buat striker Fernando TorresMeskipun sudah mengikuti latihan reguler Furia Roja selama sepekan terakhir, dia belum pernah diturunkan dalam satu laga uji coba punKondisi lututnya sudah semakin baik, dan Del Bosque sudah berencana mengetes kesiapannya.

"Saya punya firasat bagus soal Fernando (Torres)," ungkap Del Bosque kepada Soccernet"Saya harap dia bisa bermain saat melawan PolandiaMeskipun sebentar, setidaknya saya bisa mengukur kondisi diaItu adalah bagian dari persiapan tahap akhir kami sebelum berangkat ke PD," lanjutnya.

Meskipun Torres merupakan salah satu pahlawan Spanyol kala menjuarai Euro 2008, Del Bosque mengaku tidak terlalu khawatir dengan keadaan iniBagaimanapun juga, kemungkinan striker Liverpool itu tidak bisa tampil di PD sudah mengemuka sejak dia harus menjalani operasi lutut April laluKarena itu, dia sudah menyiapkan antisipasi.

"Bisa dibilang, kami sebenarnya sudah menyiapkan mental seandainya harus berlaga di PD tanpa diaTapi, melihat perkembangannya sekarang, saya punya keyakinan dia bakal fit saat PD nanti," lanjut pengganti Luis Aragones itu.

Del Bosque juga mengisyaratkan bakal kembali menurunkan gelandang serang Arsenal, Cesc FabregasPemain yang baru pulih dari cedera retak tulang fibula itu tampil menawan dalam uji coba melawan Korea SelatanDia bisa bermain lebih dari 50 menit, dan sempat menciptakan beberapa peluang di babak pertama.

"Saya merasa sangat fit, terutama sepanjang babak pertama," aku Fabregas, seperti dilansir Sky Sports"Saya masih membutuhkan minute play yang lebih banyak untuk bisa kembali ke kondisi 100 persenTapi kami semua optimistis di sini," yakin pemain berusia 22 tahun tersebut(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jelang Mendarat, Pramugari Berkostum Bafana Bafana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler