Uruguay v Ghana: Tatap Sejarah Baru

Jumat, 02 Juli 2010 – 08:45 WIB
SEJARAH - Para pemain Uruguay tampak becanda sembari latihan, di GWK Park, Kimberley, 29 Juni. Foto: AFP Photo/Rodrigo Arangua/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Prestasi tertinggi tim asal Afrika selama terjun pada Piala Dunia hanyalah perempat finalPada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Ghana punya motivasi besar melampaui torehan terbaik itu dengan lolos ke semifinal.

Apalagi, Piala Dunia dilangsungkan di benua Afrika

BACA JUGA: Jaga Konfidensi, Maksimalkan Penampilan

Namun, mereka harus melewati Uruguay di perempat final
Sama halnya dengan Ghana, tim besutan Oscar Washington Tabarez itu juga berambisi kembali ke semifinal setelah 40 tahun.

Ya, kali terakhir Uruguay menembus semifinal adalah di Piala Dunia 1970 Meksiko, setelah itu prestasi terbaik mereka adalah dua kali tampil di babak 16 besar pada Piala Dunia 1986 dan 1990

BACA JUGA: Stoner Bergantung pada Momentum

Sekarang, Uruguay punya peluang menembus semifinal.

Nah, bentrok dua tim yang sama-sama penuh motivasi tersebut bakal dihelat di Stadion Soccer City, Johannesburg, dini hari nanti
Tim manakah yang melaju dan mencatat sejarah" (tayangan langsung RCTI pukul 01.30 WIB).

"Kami sama sekali tidak memikirkan tekanan itu

BACA JUGA: Laga Beda Kekuatan di Pembukaan

Kami telah bermain baik di Piala Afrika dan kami siap membuktikan bahwa kami merupakan tim yang siap berkompetisiKami tetap rileks," bilang Milovan Rajevac, pelatih Ghana, seperti dilansir Canadian Press.

Sebagai satu-satunya tim asal Afrika yang masih bertahan pada Piala Dunia 2010, Ghana berharap dukungan dari seluruh penjuru Afrika"Kami akan membuat semuanya banggaBukan hanya Ghana, tapi untuk seluruh Afrika," papar Asamoah Gyan, striker Ghana.

Kendati mengandalkan pasukan muda yang minim pengalaman, tapi di Piala Dunia 2010, The Black Stars (julukan Ghana) telah menunjukkan mereka patut diwaspadaiGhana adalah tim dengan skuad termuda, yakni 24,1 tahun.

:POLLING Mereka telah membuktikan diri bahwa mereka tak menggantungkan pada satu atau dua bintang lapangan sajaFaktanya tanpa jenderal lapangan tengah Michael Essien yang cedera dan harus ditinggal, Ghana tetap sukses melaju ke perempat final.

Pasukan muda Ghana, bekas skuad Piala Dunia U-20 yang juara pada tahun lalu, dipadukan dengan para pemain senior seperti John Mensah, John Paintsil, Sulley Ali Muntari, dan Stephen AppiahSelain itu, suntikan tenaga dari Kevin-Price Boateng, pemain berdarah Ghana-Jerman.

Namun, semangat berlipat-lipat untuk mencatat sejarah saja tak cukup untuk mengatasi UruguayTim berjuluk La Celeste alias biru langit tersebut memiliki performa yang hebat di Piala Dunia 2010Mereka juga punya duet striker yang luar biasa.

"Kami tidak boleh lengahMereka memiliki striker yang cepat, tajam, dan berpengalamanTidak akan mudah untuk membendung Luis Suarez dan Diego ForlanKami tidak boleh kehilangan konsentrasi," papar Hans Sarpei, bek senior Ghana.

Selain lini depan yang hebat, Uruguay juga memiliki lini pertahanan yang kokohBahkan, tiga laga di fase grup, mereka tidak pernah kebobolanMereka juga punya kiper Fernando Muslera, yang masih berusia 24 tahun, tapi punya skill hebat.

Namun, Diego Forlan menilai, faktor pelatih yang bakal memberikan pengaruh besar pada hasil laga versus Ghana"Kami memiliki pelatih yang tenang dan sarat pengalamanAtmosfer Piala Dunia telah dia rasakan selama Piala Dunia 1990," puji Forlan(ham)

Perkiraan Pemain

Uruguay (4-4-2): 1-Muslera (g); 16-Pereira, 2-Lugano, 6-Victorino, 4-Fucile; 15-Perez, 17-Arevalo, 10-Forlan 20-Fernandez; 7-Cavani, 9-Suarez
Pelatih: Oscar Tabarez

Ghana (4-5-1): 22-Kingson (g); 4-Pantsil, 15-Vorsah, 5-Mensah, 2-Sarpei; 7-Inkoom, 6-Annan, 21-Asamoah, 23-Boateng, 11-Muntari; 3-Gyan
Pelatih: Milovan Rajevac

Wasit: Olegario Benquerenca (Portugal)
Stadion: Soccer City

Lima Laga Terakhir
Uruguay
26/06/10 Korea      2-1
22/06/10 Meksiko    1-0
16/06/10 Afsel        3-0
11/06/10 Prancis    0-0
27/05/10 Israel        4-1
Ghana
26/06/10 AS        2-1
23/06/10 Jerman        0-1
19/06/10 Australia    1-1
13/06/10 Serbia        1-0
05/06/10 Latvia        1-0

Di atas kertas
Baik Uruguay maupun Ghana sama-sama tidak bisa memainkan skuad terbaik pada perempat finalUruguay kehilangan Diego Godin, sedangkan di kubu Ghana, Jonathan Mensah dan Dede Ayew tidak dapat bermain lantaran akumulasi kartu.

Bursa Asian Handicap
Uruguay v Ghana        0 : 1/2

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jerman Hindari Provokasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler