Usia Tanggul Kalibaru Hanya 2 Bulan

Baru Dibangun, Ambrol Akibat Ombak

Kamis, 20 Januari 2011 – 15:21 WIB
BANJIR - Pemandangan akibat banjir rob di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, kemarin (19/1). Foto: Fery Pradolo/Indopos.
JAKARTA - Dua tanggul penahan air laut, masing-masing yang berada di kawasan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, dan di Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, dilaporkan jebolDiduga, ambrolnya tanggul terjadi akibat terjangan gelombang pasang.

Adapun tanggul di Kalibaru yang berada di RT 01 Kalibaru, Cilincing, jebol sekitar 20 meter, sejak Selasa (18/1) sore lalu

BACA JUGA: Dana Pemeliharaan Rusun Dipertanyakan

Hal itu membuat air laut dengan leluasa menghampiri pemukiman warga
Beruntung, limpasan air laut tidak meluas, serta hanya mengenai tempat perebusan kerang milik warga.

Tanggul yang jebol di Kalibaru, sebenarnya baru selesai dikerjakan sekitar dua bulan lalu

BACA JUGA: Empat Lokasi Sepeda Motor Wajib di Jalur Kiri

Tak ayal, hal itu membuat sejumlah warga kesal terhadap pelaksana proyek tanggul tersebut
Mereka bahkan menuding, pelaksana tidak profesional

BACA JUGA: Sekitar Situ Dilakukan Sterilisasi Pemukiman

Warga berharap pelaksana pembangunan tanggul tersebut, yakni PT Bangun Makmur Utama, segera memperbaikinya.

"Masa baru dibuat sudah jebol? Ada apa sih? Kita minta segera diperbaikiAgar aktifitas warga normal kembali," ungkap Ahmad, salah satu warga, kepada wartawan kemarin (19/1).

Adapun tanggul yang jebol di Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, terletak di RT 03/17, sepanjang sekitar 15 meterAkibatnya, jalan di sekitar tergenang hingga ada yang mencapai 30 cmAntara lain seperti yang menimpa jalan di sekitar kawasan pergudangan Muarabaru, serta sejumlah jalan di RT 07, 15, 16, 17, 18 dan 19 di RW 17 Kelurahan Muarabaru.

Wakil Camat Penjaringan, Rusdianto, ketika dikonfirmasi wartawan menjelaskan, tanggul itu jebol pada Selasa (18/1) pagi laluMenurut dia, jebolnya tanggul itu karena faktor alamPada waktu itu, ungkap Rusdianto, gelombang pasang disertai angin melanda kawasan Muarabaru"Genangan hanya bertahan tiga jam, setelah itu kondisi kembali normal," ungkapnya.

Genangan air yang disebabkan jebolnya tanggul di Muara Baru, tak ayal membuat aktifitas warga tergangguSejumlah pengendara motor terpaksa menghentikan kendaraannya, serta memilih memutar untuk melintasAdapun yang nekat menerobos genangan air, kendaraannya banyak yang mogok"Kemasukan air nih businya, MasJadi mogok," ujar Soleh kemarin.

Terkait jebolnya tanggul, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Prijanto, kemarin langsung meninjau ke lokasiDi kawasan Kalibaru, Cilincing, didampingi Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono, orang nomor dua di Pemprov DKI itu meminta pelaksana proyek melakukan perbaikan atas tanggul yang jebol ituKondisi tanggul menurutnya, masih merupakan tanggung jawab pelaksana.

"Karena itu, tanggul harus cepat diperbaki," ungkapnyaSementara itu, tidak ketinggalan, Prijanto juga menengok warga Kampung Marunda Pulo yang mengungsi di lantai dasar Rumah Susun (Rusun) Marunda, pasca terjangan rob yang menerjang rumah mereka(dai)

BACA ARTIKEL LAINNYA... U-Turn Karet Dipagar, Proyek Jalan Bikin Macet


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler