Usut Dana Bakrie ke NTB

Jumat, 07 November 2008 – 19:19 WIB
JAKARTA—Dugaan aliran dana dari Kelompok Bakrie ke beberapa pejabat NTB, akhirnya di laporkan LSM Front Pemuda Taliwang (FPT) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Philless ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ketua FPT M Sahril Amin pada JPNN.com di Jakarta Jumat (7/11) mengatakan, dugaan aliran dana Rp10 M ke Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) KH Zulkifli Muhadli sudah lama mencuat ke permukaanBahkan menurut dia, kelompok LSM di Jakarta pernah mengadakan aksi di depan gedung DPR RI bulan Februari 2008 lalu terkait dugaan aliran dana tersebut.

"Kami telah membuat kronologis adanya aliran dana itu, kronologisnya didasarkan atas pembicaraan dan komunikasi SMS dengan salah seorang yang diduga menerima aliran dana itu,'' kata Sahril Amin.

Sahril Amin yang juga Ketua Partai Persatuan Daerah (PPD) KSB menjelaskan, sejumlah nama saksi yang pernah mengetahui akan aliran dana dan pernah berhubungan dengan penerima dana tersebut juga diuraikan dalam laporan itu.

"Diantara para saksi, ada seorang politikus kawakan di NTB yang juga pernah ditawarkan dana itu oleh salah seorang terlapor,'' ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua LSM Philless Yahya Sarosh berjanji kalau dugaan aliran dana itu akan dilaporkan sesegera mungkin, agar aparat penegak hukum segera mengambil tindakan atas rumor yang selama ini marak berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Malah, Yahya Sarosh menginformasikan kalau pihaknya mempunyai beberapa bukti terkait pengakuan salah seorang penerima aliran dana dari kelompok Bakrie.

Mencuatnya aliran dana dari Kelompok Bakrie ke beberapa pejabat di NTB terkait dengan divestasi PT Newmont Nusatenggara (PT NNT).

Saat itu, Kelompok Bakrie sedang berupaya mendapatkan porsi saham yang akan dilepaskan oleh PT NNT

BACA JUGA: PBB Syukuri Gelar Pahlawan Nasional Natsir

Namun, divestasi tidak kunjung usai, malah penyelesaiannya berakhir jatuh di Pengadilan Arbitrase.

Dugaan aliran dana yang dituduhkan ke Bupati KSB KH Zulkifli Muhadli dan Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Dr Zulkiflimansyah sempat mencuat di beberapa media online nasional "Detik.com" pada Maret 2008
Namun, seperti biasa tertuduh langsung membantah kalau mereka sama sekali tidak pernah menerima dana, walaupun jumlahnya sepeser.(sid/jpnn)


BACA JUGA: Replik JPU Dipelintir Rusli Simanjuntak

BACA JUGA: Hasil Audit Royalti Batubara Belum Kelar

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU Sisir Kesalahan Caleg PPP


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler