Usut Kasus Pencucian Uang, KPK Periksa Pengusaha Travel

Selasa, 14 Mei 2024 – 17:11 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa sejumlah pengusaha travel pada Selasa (14/5). FOTO: Ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa sejumlah pengusaha travel pada Selasa (14/5).

Mereka ialah pemilik Suita Travel Harly Lafian, pemilik Maktour Travel Fuad Hasan Masyhur, dan pemilik Suita Travel Michele Kezia Sultan Jaya. Ada juga pegawai Accounting Suita Travel Nur.

BACA JUGA: KPK Sita Mobil Mercedes Benz SYL yang Kerap Dipakai Pejabat, Lihat

Mereka diperiksa sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Pemeriksaan bertempat di BPKP Sulawesi Selatan," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (14/5).

BACA JUGA: Stt, KPK Sedang Proses 2 Kasus Korupsi di PT Telkom

Belum diketahui materi pemeriksaan yang ingin didalami penyidik kepada para saksi.

SYL diproses hukum KPK atas kasus dugaan pemerasan, penerimaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Hanya saja, dua kasus awal yang baru masuk persidangan.

BACA JUGA: KPK Didesak Terus Memburu Tersangka Baru Kasus Telkomsigma

SYL yang merupakan politikus Partai NasDem didakwa melakukan pemerasan hingga mencapai Rp44.546.079.044 dan menerima gratifikasi dianggap suap sejumlah Rp40.647.444.494 selama periode 2020-2023.

Tindak pidana itu dilakukan SYL bersama-sama dengan dua terdakwa lainnya yaitu Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan Muhammad Hatta.

Dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, SYL disebut menggunakan anggaran Kementan untuk kepentingan pribadi dan keluarganya.

Di antaranya untuk pembayaran dokter kecantikan anak, renovasi rumah anak, setoran ke istri setiap bulan, pembelian mobil untuk anak, hingga membayar tagihan kartu kredit SYL. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Panggil Biduan yang Dibayar SYL, Ini Sosoknya


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler