Usut Korupsi di KKP, KPK Periksa Dirut PT Daya Radar Utama Amir Gunawan

Senin, 09 September 2024 – 15:41 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegagendakan pemeriksaan terhadap Direktur Utama PT Daya Radar Utama Amir Gunawan pada Senin (9/9). FOTO: Ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegagendakan pemeriksaan terhadap Direktur Utama PT Daya Radar Utama Amir Gunawan pada Senin (9/9).

Dia diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi terkait pengadaan Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

BACA JUGA: KPK Panggil eks Petinggi Taspen Jusmaidi Indra terkait Kasus Investasi Fiktif

Selain Amir Gunawan, KPK juga memanggil sejumlah staf di perusahaan tersebut, yakni Manajer Administrasi Justin Sasangka dan Direktur Pengembangan Usaha Steven Angga Prana. Kemudian ada juga Pejabat Pembuat Komitmen Aris Rustandi.

"Pemeriksaan dilakukan di Gedung KPK Merah Putih, atas nama AR, AG, JS, dan SAP," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika dalam keterangannya.

BACA JUGA: KPK Panggil Akuntan dan Pejabat Kemenkes terkait Kasus Pengadaan APD

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan sistem kapal inspeksi perikanan Indonesia (SKIPI) di Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Pada 2019, KPK mengungkapkan penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan 16 kapal patroli Bea Cukai dan empat kapal Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pada perkara pengadaan 16 kapal patroli cepat, KPK menjerat PPK Bea Cukai Istadi Prahastanto, Ketua Panitia Lelang Heru Sumarwanto, dan Direktur Utama PT Daya Radar Utama Amir Gunawan.

BACA JUGA: Usut Korupsi Pengadaan Lahan di Pemprov DKI, KPK Periksa Petinggi PT Nusa Kirana Real Estate

Sementara pada perkara pembangunan 4 unit kapal 60 meter SKIPI, KPK kembali menjerat Amir Gunawan ditambah PPK KKP Aris Rustandi.

Dalam perkara pengadaan kapal di Bea Cukai, Istadi selaku PPK diduga bersama-sama dengan Ketua Panitia Lelang Heru Sunarwanto dan Direktur Utama DRU Amir Gunawan melakukan korupsi. (tan/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rieke Minta Keadilan untuk Nyoman Sukena, Singgung Kasus Toni Tamsil dan Nurul Gufron KPK


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler