WNI dan Warga Asing di Mekkah Berebut Foto Bareng Jokowi

Senin, 07 Juli 2014 – 20:51 WIB

jpnn.com - JOKO Widodo bersama rombongan sudah menyelesaikan seluruh rukun umroh, yakni melaksanakan thawaf, sa'i dan tahalul. Usai menunaikan 'tugasnya' selama umroh, capres nomor urut 2 itu melanjutkan santap sahur dan sholat subuh berjama'ah di Mekah.

"Jokowi tampak sangat  bersemangat dan tidak terlihat letih pada saat thawaf mengelilingi ka'bah tujuh putaran dan sa'i berjalan tujuh putaran dari Bukit Safa ke Bukit Marwah," kata Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, yang ikut dalam rombongan umroh bersama Jokowi, Senin (7/7).

BACA JUGA: PDIP Bisa Tak Dapat Jatah Ketua DPR

Selesai sa'i, Jokowi melakukan tahalul. Nah, yang memotong rambut Jokowi saat tahalul adalah KH Hasyim Muzadi. Usai menunaikan salat subuh, Jokowi dan rombongan langsung melaksanakan thawaf wada' atau thawaf pamitan. Selesai thawaf wada' Jokowi dan rombongan istirahat sekitar dua jam di hotel. 

Kegiatan selanjutnya adalah melanjutkan perjalanan ke Madinah untuk berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW. Di sana dia memanjatkan do'a untuk keselamatan rakyat, bangsa dan negara, tepatnya di Raudhah Masjid Nabawi, di Kota Madinah.

BACA JUGA: Demi Coblos Jokowi, WNI Ini Pulang ke Tanah Air

Ternyata kedatangan mantan Wali Kota Solo menjadi perhatian dari WNI yang ada di Madinah.  Menurut Basarah, saat melaksanakan ibadah umroh, Jokowi harus sibuk melayanai jama'ah umroh dari Indonesia yang ingin bersalaman dan berfoto bersama. "Banyak jama'ah dari Indonesia yang histeris bisa langsung bertemu Jokowi. Mereka berebut minta salaman dan berfoto bersama Jokowi," ujarnya.

Basarah menggambarkan, saking ramainya, halaman depan Masjidil Haram dipenuhi ratusan jam'ah umroh Indonesia yang ingin bersalaman dan berfoto bersama Jokowi. Kontak peristiwa itu mengundang keingin tahuan jama'ah umroh dari negara lain. "Setelah mereka tahu bahwa yang sedang dikerumuni itu adalah calon presiden Indonesia Jokowi, jama'ah umroh dari negara lain juga berebut memotret Jokowi. Akhirnya askar-askar di Masjidil Haram pun sibuk ikut mengawal Jokowi," jelasnya.

BACA JUGA: Dekati Pencoblosan, Jokowi-JK Gencar Diserang Lewat Hasil Survei

Bahkan, lanjut Basarah, beberapa imam masjid dan mufti di Masjidil Haram juga ingin menemui Jokowi. Akhirnya Jokowi menyempatkan diri menemui mereka di tempat menginap.

Dalam melaksanakan ibadah umroh Jokowi juga didampingi oleh Ahmad  Marwan Jafar (PKB), Akbar Faisal (Nasdem), Iwan Piliang (praktisi media) dan Usamah Hisyam. (mas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Minta Staf Khusus Menteri PDT Dicegah ke Luar Negeri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler