Yuk Sayangi Jantung dengan Konsumsi Makanan ini

Rabu, 25 Oktober 2017 – 05:14 WIB
Serangan Jantung. ILUSTRASI. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - Serat identik dengan kesehatan pencernaan. Tak banyak yang tahu bahwa konsumsi serat juga bisa membantu mencegah penyakit jantung.

Seiring dengan kesibukan, banyak orang abai dengan pola makannya sehingga mudah mengalami risiko penyakit jantung. Dan kini penyakit jantung juga mengincar generasi muda, tak hanya orang tua.

BACA JUGA: Rutin Mengonsumsi Pisang Bisa Cegah Serangan Jantung?

Salah satu pola makan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan rutin mengonsumsi serat. Serat adalah bahan makanan yang berasal dari sel tumbuhan yang bisa dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat, dengan sifat yang tidak dapat dipecah oleh enzim di dalam saluran pencernaan.

Terdapat dua jenis serat yang perlu Anda konsumsi setiap hari, yaitu:

BACA JUGA: 5 Kiat Sederhana ini Bisa Cegah Serangan Jantung

1. Serat pangan yang larut dalam air (soluble fiber).

Serat yang larut dalam air dapat menyerap air selama pencernaan, sehingga membantu mengeluarkan feses dan mengurangi kadar kolesterol darah. Jenis serat ini bisa ditemukan pada sayur-sayuran, buah-buahan (seperti apel, jeruk, dan anggur), kacang-kacangan, dan gandum.

BACA JUGA: Jantung Sehat Bisa Membantu Menjaga Pikiran

2. Serat pangan tidak larut dalam air (insoluble fiber).

Serat pangan tidak larut tidak berubah selama di dalam pencernaan dan membantu pergerakan usus. Jenis serat ini bisa itemukan pada kacang polong, susu kedelai, beras cokelat, dan produk olahan gandum.

Asupan serat larut air sebanyak 7 gram per hari bisa menjaga kesehatan jantung dengan mengikat lemak di dalam usus. Di dalam saluran pencernaan, serat larut air dapat mengikat garam empedu (produk akhir kolesterol) yang kemudian dikeluarkan bersama dengan feses.

Dengan demikian, serat larut air bisa menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ (LDL) dan kolesterol total yang berperan dalam penyakit jantung koroner.

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan di Universitas Harvard pada 40 ribu orang menunjukkan, hasil diet tinggi serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebanyak 40 persen.

Asupan serat yang disarankan untuk orang dewasa adalah 25–30 gram per hari. Untuk menjaga jantung tetap sehat, Anda bisa memulainya secara bertahap dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat. Seperti sayur, buah, beras merah, beras cokelat, gandum utuh, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Agar serat terasa lebih enak dan creamy, cara pengolahannya perlu lebih diperhatikan. Makan serat bukan berarti makan sayur-sayuran saja. Anda dapat memasak serat dalam bentuk sup, mi sayur, jus, dan sebagainya agar tak membosankan.

Yuk, perbanyak konsumsi serat untuk mencegah penyakit jantung pada kemudian hari!(RS/RH/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cari Ikan Sendirian, Nelayan Tewas di Perahu


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler