Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

193.100 Mangrove Ditanam Untuk Pulihkan Ekosistem Lingkungan di Kalsel

Selasa, 23 Juli 2024 – 00:49 WIB
193.100 Mangrove Ditanam Untuk Pulihkan Ekosistem Lingkungan di Kalsel - JPNN.COM
BKSDA Kalsel melibatkan masyarakat sekitar menanam mangrove pada program pelestarian mangrove 2024 di kawasan konservasi di TWA Pulau Suwangi, Desa Pulau Panjang, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-BKSDA Kalsel)

jpnn.com, BANJARMASIN - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) menanam sebanyak 193.100 batang mangrove pada lahan seluas 75 hektare guna memulihkan ekosistem lingkungan di provinsi setempat.

“Kami memprogramkan penanaman khusus di kawasan konservasi mangrove melibatkan penduduk setempat, sepanjang 2024 kami laksanakan penanaman pada tiga kawasan pelestarian,” kata Kepala BKSDA Kalsel Agus Ngurah Krisna di Banjarmasin, Senin.

Dia menyebutkan untuk program pelestarian mangrove pada 2024, akan menggandeng para pihak terkait untuk mencapai target luasan penanaman.

“Pada peringatan Hari Mangrove Nasional nanti kami akan laksanakan penanaman bersama lembaga terkait di kawasan konservasi,” ujarnya.

Sementara Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda BKSDA Kalsel Mila Rabiati mengatakan lokasi penanaman 193.100 batang mangrove itu saat ini telah berjalan pada tiga lokasi, yakni di TWA Pulau Burung, TWA Pulau Suwangi, dan Suaka Margasatwa Pelaihari.

“Untuk penanaman di TWA Pulau Burung seluas 10 hektare dengan pola penanaman intensif 3.300 batang per hektare dan tujuh hektare pola pengkayaan sebanyak 1.600 batang per hektare,” ucapnya.

Kemudian, di Pulau Suwangi 25 hektare ditanam dengan pola silvofisheri sebanyak 1.600 batang per hektare, dan di Suaka Margasatwa seluas 33 hektare ditanam dengan pola intensif sebanyak 33.000 batang per hektare, sehingga total keseluruhan mencapai 193.100 batang mangrove.

Mila menjelaskan untuk realisasi penanaman mangrove dalam rangka pemulihan ekosistem pada 2020-2024, telah mencapai luasan 695,9 hektare atau sebesar 23 persen dari target pemulihan ekosistem di KSA/KPA yang dikelola BKSDA Kalsel.

BKSDA Kalimantan Selatan berusaha memulihkan ekosistem lingkungan dengan menanam 193.000 batang mangrove.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA