Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

3 Kunci Keselamatan Berkendara Versi Menhub

Senin, 10 Desember 2018 – 04:06 WIB
3 Kunci Keselamatan Berkendara Versi Menhub - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan tiga kunci keselamatan dalam berkendara kepada generasi milenial.

Hal ini disampaikan pada acara Talk Show 'Millenial Connected' dengan tema Saatnya Generasi Millenial Saling Terhubung Membangun Bangsa di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (8/12). 

Tiga kunci atau syarat penting dalam berkendara yaitu menggunakan helm, mengatur kecepatan dengan baik dan memastikan kondisi motor bagus. Budi juga menegaskan untuk menggunakan helm harus sampai berbunyi klik. 

"Kemenhub ingin safety riding menjadi satu bagian yang penting dalam berkendara. Syaratnya mudah untuk mengendari motor itu, ada tiga yaitu harus pakai helm, mengatur kecepatan dengan baik atau kurangi kecepatan ketiga pastikan motor dalam keadaan bagus," ujar Budi.

Budi mengatakan, jika berkendara merupakan kegiatan sehari-hari juga hobi bagi sebagain kalangan. Hanya saja masih ada yang belum melakukan kegiatan tersebut dengan baik. 

Maka dengan menggelar acara tersebut dia berharap bisa menggandeng komunitas-komunitas itu menjadi bagian dari Kementerian Perhubungan dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara. Pasalnya untuk menarik generasi milenial perlu adanya pendekatan seperti diskusi.

Menurut data dari Kepolisian penyebab kematian nomor dua di dunia adalah kecelakaan lalu lintas. Namun menggunakan helm dengan benar bisa mengurangi 40 persen resiko kematian akibat kecelakaan. 

Di Indonesia angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor mencapai 72 persen. Kecelakaan lalu lintas mayoritas dialami oleh generasi millenial. Kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh usia 20-29 tahun sebesar 13.441 orang pada tahun 2017. 

loading...