Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Menteri Sudah Bahas Peningkatan Gaji dan Tunjangan ASN

Minggu, 03 Januari 2021 – 07:07 WIB
3 Menteri Sudah Bahas Peningkatan Gaji dan Tunjangan ASN - JPNN.COM
Tjahjo Kumolo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah intens membahas rencana meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya bersam Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri telah membahas mengenai peningkatan bertahap kesejahteraan ASN.

"Jadi KemenPAN-RB, Kemenkeu, dan Kemendagri sudah membahas peningkatan gaji dan tunjangan ASN. Namun, karena adanya pandemi Covid-19, rencana tersebut tertunda pelaksanaannya di tahun 2020," kata Menteri Tjahjo, Sabtu (2/1).

Sejak pandemi Covid-19 menghantam Indonesia, prioritas keuangan negara beralih untuk kebutuhan terkait subsidi infrastruktur kesehatan dan bantuan sosial. Itu sebabnya peningkatan kesejahteraan ASN yang rencananya dilakukan tertunda.

"Kami mohon maaf apabila ini belum bisa terpenuhi pada tahun anggaran 2020 atau 2021,” ucap mantan menteri dalam negeri ini.

Tjahjo mengatakan, KemenPAN-RB selalu berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kemenkeu untuk terus berupaya melakukan perbaikan tingkat penghasilan ASN.

Di mana salah satunya adalah pemberian tunjangan kinerja dengan peningkatan bertahap di kementerian dan lembaga.

Peningkatan bertahap atas tunjangan kinerja bagi ASN di kementerian dan lembaga dilakukan berdasarkan pelaksanaan reformasi birokrasi di instansi masing-masing yang dilihat melalui indeks reformasi birokrasi.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menjelaskan soal rencana peningkatan gaji dan tunjangan ASN, silakan simak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close